Bersih Desa bareng Gelar Budaya Dan Kirab Pusaka

  • Whatsapp

TKTNEWS. net. Ponorogo Bersih Desa Bareng kecamatan Pudak kabupaten ponorogo jawa timur gelar berbagai kegiatan,diantaranya Senam PKK ,kerawitan,, istighosah, dan di meriahkan dengan kirab Budaya,dan sakral kirab Pusaka pagelaran juga pagelaran wayang kulit.

Pemerintah bersama masyarakat bekerja sama dalam melaksanakan bersih desa ,yang di mulai sejak pada hari selasa 11september ,dan pada hari rabu senam mars PKK untuk di perlombakan

Foto Kades bersama perangkatnya

Sedangkan pada hari hari kamis ,12 september pukul 09.00 diadakan karawitan setyolaras ,berlangsung pada sore hari kirab budaya dan juga kirab pusaka

Kirab diberangkatkan start dari dukuh jeblok finish di balai desa .dan .dilanjutkan dengan pentas seni reyog dan seni jaranan thek.

Pawai budaya

Untuk malam harinya ada karawitan mardilaras, malam nya sebagai kegiatan puncaknya diadakan pagelaran wayang kulit dengan bersama ki dalang Bari bawono dan juga di meriahkan bintang tamu pelawak “mondol”

Acara ini dihadiri oleh perangkat desa, kepala desa tetangga, muspika dan jajaranya, Asisten 1 bupati Usmani,dinas pariwisata .

Kepala desa bareng Yahudi mengucapkan terimakasih kepada tim, pemuda – pemudi desa bareng ,mbah gondo puspito yang telah mengemas acara ini,terimakasih kepada perangkat desa serta masyarakat yg telah bekerja sama mengadakan kegiatan ini

Dan menyampaikan kirab pusaka ini baru pertama kali diadakan di desa bareng, dan tujuanya kegiatan ini untuk mengangkat kawasan desa wisata,agro bisnis ,dan peternakan, dan berharap tahun depan bisa melaksanakan kegiatan ini lebih meriah lagi, dan di samping itu untuk menuju ponorogo yg lebih maju ber budaya dan religius.

Gunungan hasil tani

Gondo puspito sesepuhnya menerangkan acara ini kirab pusoko dengan “mengambil tema amurwo bawono sesuci pusoko aji kagem woroyudo dan kirab tumpeng sajodho”pungkasnya.(febri/ong)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan