TAHUN DEPAN, PEMKAB PONOROGO BAKAL DAPAT KUCURAN DID DARI PEMERINTAH PUSAT MENCAPAI 54,1 MILIAR

  • Whatsapp
Bambang Triwahono SH.MM Kepala BPPKAD Kabupaten Ponorogo

TKTNEWS.net Ponorogo Kerja bagus ditunjukkan oleh pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam memenuhi berbagai standart kinerja yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat akhirnya berbuah manis.

Berbagai keberhasilan kinerja di berbagai sektor tersebut mendapat apresiasi dari pemerintah pusat dengan memberikan dana insentif daerah (DID) naik cukup signifikan dibanding tahun ini. Jika tahun 2019 Kabupaten Ponorogo hanya mendapat DID sebesar 34,7 miliar tapi pada tahun 2020 mencapai 54,1 miliar. Tentu saja ini akan semakin menambah tebal kas daerah kabupaten Ponorogo.

“Alhamdulillah, DID Ponorogo tahun depan asik signifikan dari 34,7 miliar tahun ini naik menjadi 54,1 miliar pada tahun 2020.”ujar Bambang Triwahono, SH, MM Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan asset daerah (BPPKAD) kabupaten Ponorogo Sabtu, 5/10.

Bambang mencatat, ada empat sektor yang menyumbang DID terbesar diantaranya meliputi kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah sebesar Rp 500 juta. Sektor kesehatan sebesar Rp 11,7 miliar, sektor pelayanan dasar bidang pendidikan sebesar Rp 21,3 miliar. Dan sektor infrastruktur sebesar Rp 20,4 miliar. ”Sektor pendidikan dan infrastruktur mendapat nilai tinggi. Karena secara khusus kinerjanya sangat diapresiasi oleh Pemerintah pusat,” terang Bambang Triwahono.

Disektor pendidikan, pemerintah mengapresiasi untuk kategori rata-rata nilai ujian nasional (UN), dan kategori angka partisipasi murni. Sementara untuk infrastruktur untuk kategori sumber air minum layak, dan akses sanitasi layak.

Saat ditanya DID 2020 yang mencapai Rp. 54,1 miliar digunakan untuk apa saja?   Bambang menjelaskan jika penggunaan DID mayoritas digunaksan untuk sektor yang diapresiasi tersebut. ”DID ini beda dengan dana alokasi khusus (DAK) yang lebih ketat pos pemanfaatannya. Yang penting penggunaan DID sesuai dengan sektor yang diapresiasi,” pungkasnya.(Nanang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan