PEMKAB SITUBONDO GELAR BIMTEK TAHAP IV IMPLEMENTASI GERAKAN MENUJU SMART CITY TAHUN 2019.

  • Whatsapp

TKTNEWS.net Situbondo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Komunikasi, Informatika (Kominfo) dan Persandian Situbondo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap IV Implementasi Gerakan Menuju Smart City Kabupaten Situbondo Tahun 2019, Kamis (10/10/2019) di ruang aula lantai 2 Pemkab Situbondo.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Pemkab Situbondo, Dadang Aries Bintoro S Sos M Si dalam sambutannya menyebutkan, Bimtek ini merupakan upaya untuk mendorong ASN di lingkungan Pemkab Situbondo memahami tupoksi yang berkaitan dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknokogi, khususnya dalam mempersiapkan Kabupaten Situbondo menuju smart city.

” Bimbingan teknis (Bimtek) ini berlangsung selama dua hari yaitu mulai hari Rabu (9/10) hingga Kamis (10/10), “katanya. 

Dadang Aries Bintoro menyebutkan, pada hari pertama akan dipaparkan Draft Final Masterplan Smart City Kabupaten Situbondo yang merupakan Hasil Bimtek Tahap III. Kemudian dilanjutkan membuka ruang konsultasi smart city bagi tiap-tiap OPD.

Pada hari kedua, lanjut Dadang Aries Bintoro, dilakukan perbaikan Draft Final Masterplan Smart City Kabupaten Situbondo terutama pada Roadmap atau Rencana Program jangka pendek, menengah dan panjang.

” Peserta terdiri dari tim pelaksana teknis, BUMD, perwakilan dari kecamatan, desa dan kelurahan
pimpinan organisasi perangkat daerah serta seluruh camat di lingkungan Pemkab Situbondo, “imbuhnya.

Dadang Aries Bintoro S Sos M Si menambahkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman dengan kementerian Kominfo tentang program smart city nusantara yang bertempat di hotel Santika Jakarta lima bulan lalu, pungkasnya. 

Sementara itu, Bupati Situbondo, H.Dadang Wigiarto SH dalam kesempatan tersebut menyampaikan, terpilihnya Kabupaten Situbondo melalui proses seleksi assessment Tahun 2018 lalu, sebagai salah satu dari 50 kabupaten/kota yang akan mengembangkan konsep Smart City atau kota cerdas.

“ Merupakan tekad bersama untuk membangun Situbondo yang lebih baik, dengan memanfaatkan berbagai sumber daya secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan berbagai persoalan serta isu-isu strategis pembangunan menggunakan solusi inovatif yang terintegrasi dan berkelanjutan, ” kata H Dadang Wigiarto SH.

Sambung Bupati H Dadang, terlebih di tengah kemajuan teknologi yang bergerak semakin cepat, ditambah dengan persoalan sosial, ekonomi dan budaya di masyarakat seperti masalah transportasi serta kemacetan, polusi juga masalah lingkungan, masalah pangan, energi, lapangan kerja, penurunan kualitas hidup, maka dengan semakin masivnya tuntutan masyarakat akan pelayanan publik yang lebih cepat, mudah, murah dan ramah.

“ Konsep pengembangan Smart City atau kota cerdas ini merupakan sebuah keniscayaan dan harus kita lakukan untuk menjawab persoalan tersebut melalui kebijakan yang cerdas, ” kata Bupati H Dadang Wigiarto.

Menurutnya, kegiatan ini sangatlah penting dan strategis, dimana smart city atau kota cerdas adalah suatu kota inovatif yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta teknologi lainnya untuk meningkatkan kualitas hidup, efisiensi dari pelaksanaan juga pelayanan kota. 

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan Bimtek tahap IV implementasi gerakan menuju Smart City Tahun 2019 yang ditutup pada Kamis (10/10/2019) kemarin, adalah dari Guru Besar Universitas Indonesia / Pembimbing Pemkab Situbondo yaitu Bapak Dr Ir Dana Indra Sensuse M Lis Ph D, Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH dan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Situbondo, Dadang Aries Bintoro S Sos M Si. (imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan