Pemkab Situbondo Gelar Upacara Peringati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-74

  • Whatsapp

TKTNEWS.net Pemprov Dorong Sinergi Pemkot / Pemkab Wujudkan Jawa Timur Maju dan Sejahtera.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melaksanakan upacara peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur ke- 74 di halaman belakang Kantor Pemkab Situbondo Jalan PB Sudirman No 1 Situbondo, Senin (14/10/2019) pagi.

Upacara yang diikuti anggota TNI, Polri, Korpri, anggota Satpol PP Pemkab Situbondo, Pelajar dan anggota Damkar tersebut, berlangsung sederhana, namun penuh makna.

Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH selaku Inspektur upacara membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa dan membacakan teks Pancasila.

“ Penyelenggaraan pemerintahan Provinsi Jawa Timur dimulai 12 Oktober 1945 dengan gubernur pertama Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo. Dimana momentum inilah yang melandasi Penentuan hari jadi Provinsi Jawa Timur sebagaimana tertuang dalam peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2007 tentang hari jadi Provinsi Jawa Timur, ” kata Bupati H Dadang Wigiarto membacakan sambutan Gubernur Jatim.

Masyarakat Jawa Timur, sambung Bupati H Dadang, yang kental dengan semangat gotong royong kepeloporan dan perjuangan toleransi santun dan agamis menjadi modal dasar pembangunan yang sangat fundamental sebagaimana tercatat dalam perjalanan sejarah Provinsi Jawa Timur.
 
“ Dibawah kepemimpinan terdahulu yang mencerminkan semangat juang dan kebersamaan masyarakat, hari ini masyarakat Jawa Timur yang multikultural di tengah era globalisasi yang meniadakan sekat-sekat geografis dalam mewujudkan arus informasi tanpa batas serta terwujudnya budaya  kita, senantiasa meyakini keharmonisan dan nilai-nilai demokratis akan tetap terbentuk tinggi, ” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut Bupati H Dadang Wigiarto, patut bersyukur sejak Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur pada tanggal 13 Februari 2019 yang lalu, pemerintahan yang baru bergegas memulai sebuah perjuangan bersama yang tidak hanya melibatkan pemerintah, namun merupakan upaya terpadu dengan masyarakat serta melalui kemitraan dengan pihak-pihak yang sama-sama ingin memajukan Jawa Timur.

“ Pemerintah Provinsi Jatim akan terus mendorong kepemimpinan yang senantiasa hadir dalam menjaga kehidupan masyarakat yang kondusif, ” tuturnya.

Lebih lanjut, Bupati H Dadang Wigiarto menjelaskan kejadian bencana alam, dinamika sosial yang kesemuanya menjadi bagian dari perjalanan bersama, keluarga yang pencahariannya terdampak banjir, petani yang resah karena rendahnya harga hasil panen, pengunjung pasar yang mengeluh tingginya harga komoditas, tertentu bagian yang harus dihadapi.

“ Kami berupaya untuk hadir sebagai pemerintahan yang mengayomi dalam perjalanan mengarungi dinamika yang ada, kita semua senantiasa teguh bergerak bersama dan bekerja sama menuju satu arah tujuan yang mewujudkan nama Bhakti Satya untuk Jawa Timur yang maju dan sejahtera, ” bebernya.

Selanjutnya, yang mendasari dipilihnya tema hari ulang tahun Jatim ke 74, kata Bupati H Dadang Wigiarto, yaitu semangat Bhakti Satya untuk Jawa Timur maju sejahtera.

“ Prinsip-prinsip yang kita hadirkan untuk mencapai kemajuan yang mensejahterakan setiap insan di provinsi Jawa Timur antara lain. Jatim sejahtera memberikan sebuah komitmen menghadirkan keberpihakan kepada pengentasan kemiskinan dalam setiap upaya pembangunan. 

Jatim kerja, menjawab semangat setiap insan di Jawa Timur yang senantiasa ingin menjadi produktif dan dan bekerja keras dengan semangat gotong royong. Jatim cerdas dan sehat sebuah wujud komitmen menghadirkan pelayanan dasar yang menjadi esensi pengertian perintah dengan fokus kepada sumber daya manusia menghadirkan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang mengedepankan teknologi terkini inovasi metode dan menjangkau semua kalangan, ” ungkapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan