Pencoblosan sistem elektronik atau e- voting di Desa Balung Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

  • Whatsapp

TKTNEWS.net Situbondo Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Situbondo mulai hari ini (Senin,red) melakukan Sosialisasi dan Simulasi pencoblosan sistem elektronik atau e-voting Pilkades serentak Tahun 2019 di wilayah Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo. Senin (14/10/2019).

Acara Sosialisasi dan Simulasi tersebut bertempat di rumah H Supoyo di Dusun Krajan Utara, RT 001, RW 002, Desa Balung, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs H Suradji MM, Kabid Pemerintahan Desa Yogie Kripsian Sah, Camat Kendit H Timbul Surjanto dan Pj Kades Balung serta pihak terkait. 

Sosialisasi dan Simulasi e-voting yang dimulai hari ini, hingga H-1 pelaksanaan pencoblosan agar diketahui dan dipahami oleh masyarakat. Sosialisasi akan dilakukan secara estafet dari dusun ke dusun di lima desa yang mengikuti Pilkades sistem elektronik atau e-voting di wilayah Kecamatan Kendit, ” jelas H Suradji.

Sambung H Suradji, bahwa jadwal Sosialisasi dan Simulasi pencoblosan dengan sistem e-voting di Desa Balung pada hari ini, ada tiga dusun diantaranya Dusun Krajan Utara, Alas Sumur dan Dusun Karang Polo. 

” Saya berharap dengan adanya Sosialisasi dan Simulasi kali ini, agar seluruh masyarakat yang mempunyai hak pilih bisa mencobanya supaya paham cara untuk menggunakan hak pilihnya, ” ujarnya.

H Suradji juga menghimbau kepada masyarakat agar menyimpan KTP nya dengan baik, karena kunci suksesnya Pilkades yang menggunakan sistem e-voting adalah e-KTP.

 ” Kepada masyarakat kami sarankan agar mau mengikuti Sosialisasi dan Simulasi ini serta menyimpan KTP nya dengan baik, ” pungkas H Suradji.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Pilkades Desa Balung, Kecamatan Kendit Suharsono SPd mengatakan, Sosialisasi dan Simulasi pencoblosan dengan cara elektronik atau sistem e-voting yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Situbondo sangat disambut baik, positif serta antusias oleh masyarakat, khususnya Desa Balung, Kecamatan Kendit. 

” Antusiasme yang sangat luar biasa dari masyarakat Desa Balung terhadap Simulasi Pilkades kali ini yang menggunakan sistem e-voting. Sosialisasi dan Simulasi ini dilakukan di Desa Balung untuk yang ke dua kalinya,” jelas wakil ketua Pilkades Desa Balung.

Ditemui Wartawan Media online ini di acara tersebut, Sugiarto (54) warga Dusun Krajan Utara, Desa Balung mengatakan, pihaknya merasa sangat senang sekali dengan adanya Sosialisasi dan Simulasi sistem elektronik atau e-voting tersebut. Namun, dia juga berharap sosialisasi e-voting kalau bisa dilakukan pada sore hari, sehingga tidak mengganggu waktu jam bekerja masyarakat. 

” Sosialisasi ini sangat penting, tapi kalau bisa dilaksanakan pada sore hari, sehingga tidak menggangu aktivitas masyarakat, ” ujarnya.

Terpisah, Surahman (51) warga Dusun Krajan Utara, RT 001, RW 002, Desa Balung mengatakan, Pilkades dengan menggunakan sistem elektronik atau e-voting bisa meminimalisir kecurangan pada pelaksanaan Pilkades yang akan berlangsung pada tanggal 23 Oktober mendatang. 

” Saya sangat mendukung sekali cara memilih dengan menggunakan sistem elektronik atau e-voting pada Simulasi Pilkades kali ini, karena sistem e-voting dapat mencegah kecurangan-kecurangan yang sering dibuat kesempatan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, ” kata Surahman. (imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan