SEKDAKAB MENGATAKAN: GUBERNUR JATIM AKAN JALAN KAKI DI KABUPATEN SITUBONDO 

  • Whatsapp

TKTNEWS.net Situbondo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, ditunjuk sebagai tuan rumah pergelaran parade seni dan budaya Jatim Specta Night Carnival Tahun 2019.

Kegiatan itu sendiri juga dalam rangka memperingati Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), sekaligus Hari Kesatuan Gerak (HKG-PKK), yang akan digelar pada tanggal 19 Oktober 2019.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Situbondo Drs H Syaifullah MM kepada awak media mengatakan, bahwa penunjukan ini merupakan kebanggaan, karena Situbondo menjadi tuan rumah dua event sekaligus.

“ Terpilihnya menjadi tuan rumah memang bergiliran. Selain itu juga atas keinginan Pemkab sendiri, ” ujar H Syaifullah, kemarin (16/10/2019) siang.

Menurut Sekda H Syaifullah, kegiatan seni budaya Jatim atau yang lebih dikenal nama Specta Night Carnival ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Pemprov Jatim setiap tahun, dengan pelaksananya secara bergantian di Kabupaten/Kota se-Jatim.

“ Untuk tahun ini, kebetulan giliran Kabupaten Situbondo yang bersamaan dengan tahun kunjungan wisata, seperti yang dicanangkan Bupati dan Wabup Situbondo, ” bebernya.
 
Sekda H Syaifullah menegaskan, untuk di Kabupaten Situbondo, Jatim Specta Night Carnival akan dipusatkan di Alun-alun kota Situbondo dan akan menampilkan berbagai macam-macam seni dan budaya.

Sedangkan parade seni budaya ini dimulai pukul 19.00 WIB dan peserta akan berjalan dengan rute mulai dari Alun-alun kota tepatnya di depan Kantor Pos di Jalan Ahmad Yani hingga berakhir di Jalan Pemuda depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Situbondo.

“ Yang hadir ada 525 pejabat atau yang mewakili dari 30 Kabupaten/kota di Jawa Timur, ditambah dari Yogyakarta dan Kalimantan Timur,” ujar Sekda H Syaifullah.

Atraksi seni dan budaya asli Situbondo, katanya, akan ditampilkan di hadapan ratusan pejabat termasuk dihadapan langsung Gubernur Jatim dan Ketua Tim Penggerak PKK Jatim.

“ Gubernur Jatim beserta Ketua Tim Penggerak PKK Pemprov Jatim akan berjalavcn kaki bersama peserta dalam parade seni budaya hingga finis, ” tuturnya.

Seni dan budaya Situbondo yang akan ditampilkan, di antaranya Tari Landhung, pakaian adat kreasi Situbondo, budaya masyarakat yang masih dilestarikan, serta puluhan seni budaya lainnya.

Sementara acara Bulan Bakti dan Gotong Royong Masyarakat, lanjut H Syaifullah, akan digelar di hari yang sama sebelum parade seni-budaya dan BBGRM digelar di objek wisata Kampung Kerapu, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit.

Destinasi wisata baru Kampung Kerapu Situbondo ini diproyeksikan menjadi salah satu destinasi penyangga menuju Kawah Ijen.

“ Kami targetkan wisata Kampung Kerapu bisa menjadi destinasi wisata favorit di Jatim kedepannya. Sekaligus, ini bagian dari penyangga lingkar Ijen, sesuai dengan prioritas Nawa Bhakti Satya Pemprov Jatim, ”pungkasnya. (imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan