Sempat hitung ulang namun cakades no ,2 tetap unggul

  • Whatsapp

Sempat Hitung Ulang, Namun Cakades nomor 2 Tetap Unggul.5 cakades Damai Situbondo.TKTNEWS.net – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Tahun 2019 diikuti 115 desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu (23/10/2019) ternyata diwarnai suatu keunikan yang sangat luar biasa dan mungkin itu hanya terjadi di Desa Paowan, Kecamatan Panarukan.

Seperti yang terjadi di Desa Paowan, Kecamatan Panarukan. Dalam perhelatan jabatan untuk menjadi orang nomor satu di Desa wilayah tengah Kabupaten Situbondo ini, diikuti lima Cakades, yaitu Nomor urut 1. Yulius Joko Dwi Ratno, nomor urut 2. Saiful Hady S Pd, nomor urut 3. Ahmad Rusdi SPd, nomor urut 4. Rizwan dan nomor urut 5. Joniadi. Satu hal yang sempat mengundang perhatian warga, terkait perolehan suara lima Cakades itu ternyata tiga Cakades kantongi perolehan suara diatas angka seribu semua.

Diantaranya Yulius Joko Dwi Ratno yang duduk di nomor urut satu, berhasil kantongi sebanyak 1155 suara. Selanjutnya nomor urut dua Samsul Hady S Pd berhasil kantongi sebanyak 1432 suara, Cakades dengan nomor urut tiga kantongi sebanyak 1062 suara. Kondisi pelaksanaan Pilkades di desa yang terdiri dari 4886 DPT ini sempat gaduh. Satu TPS sama lain saling hitung ulang, protes dan intrupsi sering terdengar ditengah penghitungan suara dari warga di luar pagar.

Hal itu seperti disampaikan Surya Dharma S Pd saat diwawancarai Wartawan TKTNEWS.net kemarin, selaku Ketua Panitia Pilkades Desa Paowan, Rabu (23/10/2019) sore. Dharma menjelaskan, dengan perolehan suara yang rata-rata diatas seribu itu, selanjutnya dilakukan perhitungan ulang pada kotak suara di 2 TPS. Tambah Pembina Pendidikan di Kecamatan Kendit ini, suasana sempat memanas, karena perhitungan di 2 TPS terdapat perbedaan. Tetapi, tambah sosok yang akrab disapa Pak Dharma ini, setelah penghitungan berlanjut, ternyata ditemukan dua suara untuk calon nomor urut 3 terselip. Akhirnya, jumlah perolehan penghitungan surat suara dinyatakan sudah clear. “

Dalam perhitungan di dua TPS yang terakhir, calon nomor tiga bertambah 2 suara. Tetapi sebaliknya, punya calon nomor dua justru kurang 2 suara. Jadi, jumlah terakhir perolehan dari dua calon yaitu, nomor urut 2 sebanyak 1432 suara. Sementara, perolehan untuk calon nomor urut 3 sebanyak 1062 suara, ” ujar Dharma membeberkan. Ditambahkan dia, kemudian calon nomor urut 1 sebanyak 1155 suara, sedangkan dua calon lainnya yaitu. Calon nomor urut 4 memperoleh 219 suara dan calon nomor 5 hanya mendapatkan 136 suara.   Kata Dharma, maka dengan prosesi perhitungan suara yang berakhir hingga pukul 16. 16 itu, akhirnya langsung ditetapkan, sebagai Cakades terpilih dengan nomor urut 2, Saiful Hady S Pd akan memimpin Desa Paowan masa bhakti 2019 – 2025 ke depan adalah Saiful Hady S Pd dengan meraup suara tertinggi dan memperoleh sebanyak 1432 suara. “ Alhamdulilah, ternyata suasana justru berubah hening. Semua pendukung kelima calon mampu mengendalikan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang memancing situasi yang tidak kondusif, “ ujar Dharma mengakhiri wawancara. (imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan