Inovasi bhabinkamtimas sumberanyar paska di landa kekeringan

  • Whatsapp

Situbondo TKTNEWS.net – Kemarau panjang di Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo Jawa – Timur. Membuat anggota Polisi Berinovasi Untuk Bantu Peternak. Jum’at (25/10/2019).

Cukup membuat petani serta peternak sapi di Dusun Bindung Rt.02 Rw 01 Desa Sumberanyar. Kesulitan mencari rumput untuk pakan ternak. Hampir para pemilik ternak sapi dan kambing, membeli rumput dipinggir jalan seharga Rp. 5000,- hingga Rp. 10.000,- per ikat agar sapi sapi mereka bisa makan. Untuk mengatasi keluhan warga, khususnya peternak sapi di dusun tersebut, Mahrus Efendi, seorang anggota Polisi berpangkat Bripka mencoba berinovasi dengan memanfaatkan limba ampas kelapa dijadikan pakan ternak, dengan cara di fermentasi. 

Ampas kelapa dari hasil limbah pabrik dimanfaatkan sebagai bahannya bakunya, ditambah bahan bahan lain, masing masing bekatul, Polard, Beras Jagung, jerami, tongkol jagung yang sudah digiling ( janggel) dan EM4, bahan tersebut dicampur menjadi satu sesuai dengan takaran yang dibutuhkan.

Inovasi polisi berpangkat Bripka itu disambut baik oleh sejumlah peternak sapi di daerah tersebut, dengan cara seperti itulah, sedikit meringankan beban peternak untuk mencari rumput atau membeli rumput seperti sebelumnya. ” Maddawi Ketua RT di dusun Bindung mengatakan,” yah sedikit ringan, tidak ngoyo mencari rumput, apalagi bahan baku yang dibutuhkan banyak disekitar kita,” katanya.

Upaya yang dilakukan Bripka Mahrus Efendi Bhabinkamtibmas Desa Sumberanyar, Banyuputih, Polres Situbondo, berawal dari keluhan warga akibat asap yang  berasal dari pembakaran limbah ampas kelapa. Agar bermanfaat ia mencoba untuk membuat pakan ternak dengan bahan limbah tersebut. ” Agar bermanfaat dan tidak mengganggu warga, saya mengajak warga untuk memanfaatkan bahan limbah itu, alhamdulillah, bisa diterima oleh peternak disini, sambil menunggu musim hujan turun,” pungkas Bripka Mahrus Efendi. (Tik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan