Syarat minimal dukungan perseorangan di kantor kpu situbondo

  • Whatsapp

Situbondo TKTNEWS.net – Masyarakat Situbondo yang ingin mencalon sebagai bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) melalui jalur independen harus memenuhi syarat dukungan yang telah ditentukan. Yaitu memperoleh dukungan setidaknya 41.920 warga, yang dibuktikan dengan foto copy e-KTP.

Iwan Suryadi, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Situbondo menerangkan, syarat dukungan dengan jumlah tersebut mengacu pada daftar pemilih (DPT) pemilu terakhir. Pada pelaksanaan pemilu tanggal 17 April 2019 lalu, DPT Situbondo berjumlah 493.169.  “Sehingga kalau dipresentase, maka syarat dukungan minimal 8,5 persen dari jumlah DPT,” katanya.  Iwan menerangkan, jumlah dukungan minimal 41.920 warga itu persebarannya di 50 persen lebih kecamatan di  Situbondo.

Artinya syarat dukungan tersebut, paling tidak terpenuhi di sembilan kecamatan.  “Tidak bisa kalau kurang dari sembilan kecamatan, meskipun e-KTP yang berhasil dikumpulkan lebih dari 8,5 persen,” jelasnya. Iwan menambahkan, tahapan selanjutnya adalah pengumuman syarat minimal dukungan kepada calon perseorangan.

Kemudian penyerahan dukungan pasangan calon bupati dan wakil bupati ke KPU.  Dia menerangkan, setelah syarat dukungan diserahkan, KPU akan melakukan penelitian terhadap jumlah dukungan dan sebarannya.  “Pengumpulan dokumen dukungan calon perseorangan dalam bentuk formulir model B.1 KWK-Perseorangan,” katanya. Iwan menambahkan, tahapan selanjutnya untuk calon perseorangan dimulai setelah KPU mengumumkan secara resmi ketentuan tentang ketentuan syarata dukungan.

Dia mengaku, tahapan pengumumman ini dilaksanakan akhir Bulan November mendatang.  “Sedangkan penyerahan dukungan ke KPU dijadwal tanggal 11 Desember 2019 sampai tanggal 05 Maret 2020,” ujarnya.  Menurut Iwan, kesempatan untuk mencalonkan sebagai bupati dan wakil bupati di Pilkada 2020 nanti, melalui jalur perseorangan, terbuka untuk siapapun. Masyarakat punya kesempatan yang sama asalkan memenuhi syarat yang telah ditentukan. (imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan