WABUP Situbondo Tutup Acara Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Yang Diselenggarakan Kementerian Perhubungan.

  • Whatsapp

Situbondo TKTNEWS.net – Wakil Bupati Situbondo Ir H Yoyok Mulyadi M Si menututup kegiatan 
Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan BPSDM UPT Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Minggu (3/11/2019) pagi.

Diklat Kecakapan Awak Kapal, Diklat Pengelasan Dasar dan Diklat Pencegahan Pemadaman Kebakaran bagi Masyarakat di Kabupaten Situbondo dan sekitarnya yang dilaksanakan sejak tanggal 25 Oktober s/d 3 November 2019.

Penutupan diklat yang berlangsung di Aula Barramundi Resto, Hotel Sansui Klatakan, Jalan Raya Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, selain dihadiri Wakil Bupati Situbondo, Ir H Yoyok Mulyadi M Si. Juga dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo, Drs Tulus Priatmadji, Kepala Unit Program Diklat Darat, M. Khairani S. SIT. MT, Kepala Unit Bahasa, Oktrianti Diani SPd, M Pd pada Kementerian Perhubungan BPSDM UPT Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang.

“ Semoga 90 orang peserta yang mengikuti diklat selama 10 hari, ilmunya bermanfaat untuk kepentingan masyarakat dilingkungannya maupun masyarakat luas, ” kata Wakil Bupati Situbondo Ir H Yoyok Mulyadi M Si, kepada awak media usai menutup acara diklat.

Lebih lanjut, Wabup H Yoyok mengatakan, sangat bersyukur karena diklat tersebut di tempatkan di Kabupaten Situbondo. 

” Peserta diklat itu, semuanya masyarakat Situbondo dan semoga ilmu yang didapat dari Kementerian Perhubungan BPSDM UPT Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo dapat bermanfaat untuk para peserta diklat, ” ujar Wabup H Yoyok Mulyadi.

Sambung Wabup H Yoyok, Kabupaten Situbondo yang mempunyai pantai terpanjang sekitar 150 km cukup strategis bagi para peserta diklat untuk menularkan ilmunya kekawasan masyarakat pesisir pantai yang rata-rata penduduknya bekerja sebagai nelayan menggunakan perahu mesin atau motor tempel. 

“ Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan BPSDM UPT Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang, bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo yang telah melaksanakan Diklat Teknis Motor Tempel, Diklat Peralatan Survey Sungai, dan Diklat Dasar Operasional Pemetaan di Kabupaten Situbondo selama 10 hari, ” pungkas Wabup H Yoyok.

Sementara itu, M. Khairani S.SIT, MT, Kepala Unit Program Diklat Darat pada Kementerian Perhubungan BPSDM UPT Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang dalam sambutannya mengatakan, diklat untuk pemberdayaan masyarakat ini merupakan salah satu program Kementerian Perhubungan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia masyarakat agar mempunyai keterampilan atau kemahiran dalam bidang Teknis Motor Tempel, Peralatan Survey Sungai dan Dasar Operasional Pemetaan.

“ Melalui program pembardayaan masyarakat ini, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan akan terus mengintervensi untuk meningkatkan SDM masyarakat di bidang Perhubungan yang dibutuhkan, sehingga. Kata dia, nantinya masyarakat yang menjadi alumni berbagai diklat yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan akan mampu mengatasi berbagai persoalan dengan cara disiplin, profesional dan handal serta mempunyai SDM yang mumpuni dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” ujar M. Khairani.

Lebih lanjut, M. Khairani mengatakan, Diklat Teknis Motor Tempel, Diklat Peralatan Survey Sungai dan Diklat Dasar Operasional Pemetaan yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan BPSDM UPT Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang, diharapkan para peserta mampu mengejawantahkan ilmunya selama mengikuti diklat dan memandirikan perekonomiannya.

“ Harapan kami kepada 90 peserta diklat mampu memandirikan perekonomiannya, mampu mengejawantahkan ilmunya secara profesional dan penuh disiplin serta bertanggungjawab dalam berbagai aspek, ” tutupnya. (imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan