Pilkades PAW Desa Sumberejo Bulan Desember

  • Whatsapp

Situbondo TKTNEWS.net – Waktu pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) pergantian antar waktu (PAW) Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih dipastikan akan digelar Bulan Desember. Hanya saja, pemerintah daerah masih belum menentukan tanggal pelaksanaannya.

Kabid Bina Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, Yogie Kripsian Sah mengatakan, saat ini tahapan sudah dimulai. Seperti pembentukan panitia. Panitia selanjutnya akan menjalankan tahapan penjaringan calon. 

“Musdes (musyawarah desa) akan segera kita laksanakan,” ujarnya.

Seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, dan perwakilan pemuda. Ada juga dari unsur wanita, petani, dan nelayan. Perwakilan itulah yang akan duduk bersama menentukan kepala desa. 

“Jadi, nanti akan diinventarisasi tokoh-tokoh yang ada di masing-masing dusun,” kata Yogie. Selasa (05/11/2019) sore.

Sebelumnya, badan permusyawaratan desa (BPD) akan melakukan serap aspirasi ke bawah dengan melibatkan masyarakat. Dari situ akan ditentukan nama-nama perwakilan di dusunnya. 

“Serap aspirasi menjadi ranah BPD. Nanti ada musyawarah di tingkat dusun,” ujarnya.
  
Dalam menentukan kepala desa di pilkades PAW, bisa melalui musyawarah atau pemilihan. Tergantung kesepakatan pihak-pihak yang dilibatkan. 

“Kalau misalnya tokoh-tokoh tersebut sepakat menunjuk satu orang, maka langsung ditetapkan. Jika belum ada kesepakatan, maka melalui pencoblosan,” jelasnya.  

Yogie menerangkan, Desa Sumberejo memang harus melaksanakan pilkades PAW. Sebab, pemilihannya dilaksanakan pada tahun 2017 lalu. Artinya, sisa jabatan kepala desa yang lama berakhir tahun 2022 mendatang. Kades Sumberejo diberhentikan bupati karena tersangkut kasus hukum. 

“Berdasarkan ketentuan, jika sisa periode lebih dari setahun, maka dilakukan PAW,” pungkasnya. (imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan