Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2019 tentang kesehatan.

  • Whatsapp

Ponorogo,TKTNEWS.net, Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2019 tentang kesehatan mengamanatkan bahwa pembangunan kesehatan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif

secara sosial dan ekonomis.
Pengembangan Kota/Kabupaten Sehat adalah bagian dari dinamika dan semangat warga, pemerintah daerah, serta lembaga legislatif di daerah tersebut.

Pemerintah Pusat hanya berperan membina dan memfasilitasi potensial yang ada. Pencapaian Kota /Kabupaten Sehat merupakan suatu proses yang berjalan terus menerus menciptakan dan meningkatan kualitas lingkungan baik fisik, sosial, budaya, mengembangkan ekonomi masyarakat dengan mengembangkan potensi-potensi masyarakat dengan cara memberdayakan mereka agar cepat saling mendukung dalam menerapkan fungsi-fungsi kehidupan dalam membangun potensi maksimal suatu Kota/Desa.

Dasar hukum penyelenggaraan Kabupaten Ponorogo Sehat adalah sebagai berikut:
Undang-undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan.
Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.
Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 Nomor: 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat.
Pemberian kewenangan dan kepercayaan kepada masyarakat secara proaktif harus lebih digalakkan, sesuai dengan amanah yang termuat dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang isinya antara lain penyelenggaraan pembangunan perkotaan dan perdesaan perlu mengikutsertakan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.

Setiap rencana pembangunan yang dilaksanakan merupakan kesepakatan bersama antara pemerintah dan masyarakat.
Di dalam memberdayakan sumber daya yang ada di daerah pedesaan maupun perkotaan tersebut diperlukan kemitraan antara Pemerintah, Swasta dan Masyarakat.

Hubungan kemitraan antara pemerintah, masyarakat dan swasta merupakan jaringan yang dapat mendorong hubungan yang lebih erat di dalam memperlancar pelaksanaan pembangunan yang terintegrasi yang menggabungkan aspek fisik, sosial, budaya, perekonomian masyarakat dan aspek kesehatan (kesehatan lingkungan, perilaku, pelayanan dan upaya kesehatan) yang sesuai dengan aspirasi masyarakat.

Kehadiran Buku Pegangan/Panduan Program Kabupaten Ponorogo Sehat ini, diharapkan mampu memberikan manfaat guna menyukseskan dan mewujudkan program Kabupaten Ponorogo Sehat secara nyata dan berkelanjutan. Jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penyusunan ini, mohon koreksi dan dimaafkan (END))

Pos terkait

Tinggalkan Balasan