Tutup Tangga untuk Mengurangi Aktivitas di Sungai.

  • Whatsapp

Situbondo TKTNEWS.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo betul-betul serius dalam mengurangi aktivitas warga di sungai. Baik mencuci, mandi, maupun  buang air besar (BAB). Sebagai upaya konkret mewujudkan itu, pemerintah menutup undak-undakan atau tangga sungai.

Wakil Bupati Situbondo, Ir H Yoyok Mulyadi M Si menerangkan, tidak semua sungai yang ditutup tangganya. Akan tetapi di sebagian saja. Salah satunya, di sungai lingkungan Dawuhan Parse, Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Kota. 

“Secara bertahap dulu,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pemerintah berencana melakukan hal serupa di seluruh sungai di sekitar kota. Akan tetapi, tidak bisa dilaksanakan sekaligus. 

“Kita akan sosialisasi dulu karena untuk menghilangkan kebiasaan beraktivitas di sungai tidak mudah. Perlu ada pendakatan-pendekatan,” ujarnya.

Di samping itu, pemerintah juga menyediakan program jambanisasi. Lingkungan yang sudah memiliki MCK memadai melalui program jambanisasi menjadi sasaran penutupan tangga sungai. 

“Jadi, kita tidak menutup undak-undakan begitu saja. Tetapi bersamaan dengan penyediaan jambanisasi,” kata H Yoyok.

Menurut Wabup H Yoyok, pemerintah sudah lama mencanangkan bebas aktivitas warga di sungai. Akan tetapi, tidak berjalan dengan mudah. Buktinya, meski sudah dilarang dan disediakan jamban, tetap saja ada yang mencuci atau mandi. 

Ghazali, salah satu warga lingungan Dawuhan Parse mengatakan, dirinya mengapresiasi penutupan undak-undakan sungai oleh pemerintah. Tetapi, dia menilai, masih terkesan terburu-buru. 

“Masih belum waktunya. Program jambanisasi juga masih ada yang belum selesai,” katanya. Minggu (24/11/2019) sore.

Dia menambahkan, tahapan saat ini seharusnya sosialisasi. Misalnya, memasangi banner peringatan untuk tidak beraktivitas di sungai. Di banner tersebut juga disertakan dengan sanksi serta peraturan yang dilanggar jika mencuci atau mandi di sungai. 

“Kalau sudah tahu aturannya, dengan sendirinya warga memiliki kesadaran sendiri,” ujar Ghazali. (imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan