Dinas Ketahanan Pangan Situbondo Gelar Lomba Cipta Menu Lokal B2SA

  • Whatsapp

Dinas Ketahanan Pangan Situbondo Gelar Lomba Cipta Menu Lokal B2SA

Situbondo TKTNEWS.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Ketahanan Pangan Situbondo bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Situbondo menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis bahan lokal 2019 yang digelar di pendopo Bupati Situbondo, Rabu (27/11/2019).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Situbondo Hj Ummi Kulsum SH, Jajaran Forkopimda, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Situbondo Ir Farid Kuntadi, Jajaran OPD terkait serta Camat se- Kabupaten Situbondo dan para tamu undangan.

Perlombaan ini juga diikuti oleh 17 tim PKK dari 17 Kecamatan, 3 tim dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan 7 Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Situbondo. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Situbondo, Ir Farid Kuntadi dalam sambutannya melaporkan, bahwa lomba cipta menu B2SA ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat.

Sambung Farid, mengenai konsumsi pangan bergizi dan berimbang untuk meningkatkan konsumsinya dan kreatifitas penciptaan olahan pangan B2SA bernilai komersial, katanya.  

Lebih lanjut Farid menerangkan, format lomba cipta menu 2019 berbeda dari tahun sebelumnya. Kata dia, ada dua kategori lomba yaitu kategori Paket Luncbox B2SA dan kategori kudapan pangan lokal. 

” Pemenang lomba ini akan mewakili kabupaten Situbondo dalam loma serupa di tingkat Provinsi Jawa Timur, “ujarnya.  

“Namun, dijadikan kebiasaan di masyarakat kita. Dijadikan santapan makanan tahunan,  bulanan, mingguan, bahkan harian,” jelas Bupati H Dadang Wigiarto.  

Sementara itu, Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto SH dalam kesempatan tersebut berharap lomba ini dapat dimaknai secara hakiki oleh para peserta. Tidak hanya sekedar memenuhi realisasi program dinas saja. 

Bupati yang sudah menjabat dua periode itu berpesan agar ragam menu baru hasil lomba dapat mewarnai dan memperbanyak khasanah kuliner Situbondo. Kata dia, dapat memenuhi permintaan pasar sejalan dengan usaha mempopulerkan tahun kunjungan wisata.
” Kita tahu semua produk makanan harus ada kelayakan produk yang di dalamya telah diuji oleh lembaga – lembaga berkompeten, maka kita akan melakukan konsolidasi kepada dinas – dinas terkait dan Alhamdulillah sudah mendapatkan dukungan dari DPR agar ada eksekusi. Sehingga perputaran untuk kepentingan perkantoran bisa dilaksanakan, berarti kesempatan untuk di perkenalkan keluar bagi wisatawan sangat terbuka,” pungkasnya. (imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan