Kades dan BPD Gelar Pembinaan Perlindungan Trumbu Karang Pada Nelayan.

  • Whatsapp

 
Situbondo TKTNEWS.net – Mengingat banyak trumbu karang yang rusak di perairan Desa Gelung, maka Kepala Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gelung menggelar pembinaan perlindungan trumbu karang terhadap nelayaan di pesisir laut Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (28/11/2019).

Pembinaan perlindungan trumbu karang yang berlangsung di Balai Desa Gelung tersebut, dihadiri Kepala Desa Gelung, H. Djasmoto, Babinsa Koramil Panarukan, KBO Polairut Polres Situbondo, Ketua BPD, serta dihadiri sekitar 50 nelayan warga pesisir Desa Gelung.

Kepala Desa Gelung, H Djasmoto dalam sambutannya mengatakan, bahwa inti dari pembinaan perlindungan trumbu karang tersebut untuk menjaga kelestarian trumbu karang di laut. 

“ Dulu banyak trumbu karang yang rusak di pesisir Gelung, alhamdulillah saat ini trumbu karang yang ada di pesisir Desa Gelung mulai membaik, ” terang Djasmoto.

Pembinaan kepada warga nelayan pesisir Desa Gelung tentang manfaat trumbu karang ini, sambung Djasmoto, tidak lain. Agar masyarakat nelayan bisa membantu, menyelamatkan dan menjaga trumbu karang yang saat ini mulai tumbuh.

“ Dengan terjaganya trumbu karang, maka aneka ragam jenis ikan nantinya akan berkembang biak secara normal disana. Untuk itu, kami memberikan pembinaan terhadap nelayan agar bersama-sama menjaganya, ”tutur Djasmoto.
 
Lebih lanjut, Djasmoto mengatakan bahwa, terjaganya trumbu karang dengan baik, maka akan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat nelayan. Sebab, suburnya hamparan trumbu karang itu, akan membuat ikan-ikan berkembang biak dengan baik.

“ Desa Gelung ini akan mempelopori sekaligus mengawali perlindungan serta pembinaan kepada masyarakat pinggir pantai agar mau menjaga kelestarian trumbu karang tersebut, ” ujarnya.

Kami berharap pada desa desa lain, khususnya bagi desa yang punya pinggir pantai, kata Djasmoto, supaya segera melakukan pembinaan terhadap nelayan agar menjaga dan merawat trumbu karang yang ada. Sehingga kawasan pantai di Kabupaten Situbondo, trumbu karangnya dapat terlindungi.

Sementara itu, KBO Polairut Polres Situbondo, Ipda Suwono SH saat memberikan pengarahan dihadapan 50 orang nelayan Pesisir Desa Gelung mengatakan, bahwa gerakan menjaga atau melestarikan trumbu karang di laut Situbondo, khususnya di Pesisir Desa Gelung merupakan perbuatan yang mulia.

” Dengan menjaga kelestarian trumbu karang, maka nilainya tidak terhingga. Karena trumbu karang sangat bermanfaat bagi kehidupan orang banyak, ” jelas Ipda Suwono.

Lebih lanjut, Suwono mengatakan, gerakan menjaga atau melestarikan trumbu karang sepanjang Pantai di Kabupaten Situbondo, gerakan yang harus dilaksanakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat nelayan yang bermukim pada kawasan di tepi-tepi pantai.

“Jika trumbu karang tumbuh dengan baik di kawasan pantai Desa Gelung, maka akan tumbuh juga nilai-nilai ekonomi bagi masyarakat nelayan. Sebab, suburnya kawasan trumbu karang itu, akan dihuni oleh ikan-ikan. Dan ikan itu, bisa ditangkap dengan cara-cara ramah lingkungan dan akan menjadi penghasilan bagi nelayan itu sendiri, ” terang Ipda Suwono dihadapan nelayan Desa Gelung.

Dengan mewakili Kasat Polairut Polres Situbondo, sambung Suwono, pihaknya tidak akan pernah lelah memberikan pembinaan tentang manfaat trumbu karang kepada masyarakat yang berada di pinggir pantai Situbondo.

“ Trumbu karang jangan sampai rusak, apalagi mencari ikan pada saat air laut surut. Otomatis trumbu karang tersebut akan terinjak-injak dan akan rusak. Carilah ikan diatas trumbu karang dengan cara ramah lingkungan, ”tegas Ipda Suwono.

Ditambahkan Ipda Suwono, kami juga menghimbau kepada masyarakat umum maupun nelayan agar tidak mencari ikan dengan menggunakan potasium. Sebab, jika mencari ikan dengan cara mengobat atau memakai potasium atau sejenisnya dapat mematikan ikan yang masih kecil-kecil, termasuk bisa merusakkan ikan hias serta trumbu karangnya.

“ Mulai hari ini, saya berharap kepada masyarakat nelayan Desa Gelung mau bersama-sama menjaga kelestarian trumbu karang yang ada, ” pungkasnya. (Heru/imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan