Atasi Sampah Menumpuk DLH Situbondo Turun Kebibir Pantai Mimbo

  • Whatsapp

Situbondo TKTNEWS.net – Kesadaran Masyarakat Membuang Sampah ke laut, khususnya di pantai Mimbo, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa – Timur, terbilang sulit untuk ditanggulangi.

Satu alasan sebagian warga, dari ribuan Kepala Keluarga di sepanjang bibir pantai Dusun Mimbo dan Dusun Nyamplung, Desa Sumberanyar adalah, tidak adanya fasilitas tempat sampah dari Pemerintah di sepanjang pantai. 

Masyarakat kebanyakan terbiasa membuang sampah ke laut, baik sampah dari pasar, dari rumah – rumah penduduk sekitar, setiap harinya tidak terbilang ada berapa ton sampah yang mencemari serta mengotori pantai di Mimbo setiap tahunnya.

” Tidak usa nunggu besok pak, nanti saja pulangnya pak bapak ini. Pasti sampahnya dibuang ke laut lagi, lawong tidak ada tempat sampahnya, ” terang Sumiati.

Upaya awal yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Situbondo, pada Jumat (13/12/2019). Bersama puluhan anggotanya dibantu dari Kecamatan Banyuputih serta sejumlah perangkat Desa Sumberanyar, melakukan kerja bakti, disepanjang bibir pantai Dusun Mimbo, sebagai upaya untuk mengajak masyarakat agar ikut menjaga kebersihan pantai, dengan tidak membuang sampah ke laut. Sambil menunggu bantuan tempat sampah dari pemerintah.

Akhmad Irawadi, Pj Kepala Desa Sumberanyar, akan mengupayakan hal tersebut dan kegiatan seperti ini akan terus dilakukan, baik dari desa, Muspika serta masyarakat.

” Agar masyarakat tidak lagi membuang sampahnya kelaut dan tetap koordinasi dengan pemerintah daerah, ” katanya.

Menurutnya, untuk hari ini petugas dari DLH Situbondo bersama puluhan anggotanya serta 6 unit dump truk dari Kecamatan Banyuputih, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta dari Desa, pungkas Akhmad Irawadi. (Tik/imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan