Serangan Hama Tikus Meresahkan Petani Desa Pelang Kidul

  • Whatsapp

Ngawi – TKTNEWS.net,Pada musim hujan masyarakat petani mulai tanam padi di areal persawahan tepatnya di Desa Pelang Kidul Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur .

Hama tikus merusak sawah di desa Pelang Kidul Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur , hewan tikud tersebut sangat meresahkan masyrakat petani,pasalnya padi yang mulai saja menanam sudah dirusak tikus.

Bibit padi yang sudah di tanam petani habis dimakan tikus, banyak petani mengeluhkan kegagalan tanam di awal karena padi diserang banyak tikus.

Para petani hanya bisa pasrah dan melakukan upaya pembasmian hama tikus semampunya.

Mereka sudah melakukan berbagai macam cara dengan memberi racun tikus, dan pengasapan menggunakan gas LPG dan blerang,namun belum bisa berhasil.

Salah satu petani di desa Pelang Kidul Damin menjelaskan petani tidak menggunakan perangkap listrik dikarenakan resiko yang cukup tinggi dan beresiko, karena banyak kasus petani meninggal tersengat perangkap tikus yang dibuat sendiri, oleh karena itu petani ini takut menggunakan cara iti.

Supardi salah satu pemilik sawah menuturkan bahwa ia sudah melakukan pengasapan sebanyak 3 kali dan selalu mendapatkan tikus yang jumlahnya tidak sedikit, walaupun sudah sering melakukan pengasapan tikus tidak kunjung habis dan pertanian terus diserang tikus.

Dampak serangan tikus ini membuat petani resah akan kegagalan tanam, dan mereka berharap pemerintah yang terkait untuk memberikan bantuan untuk mengatasi permasalahan yang membuat petani mengeluh.

Menurut beberapa petani hingga berita ini dipublikasikan belum ada tindakan dari pemerintsh yang terkait.(Anis)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan