BAMBANG SAPUTRO” BANTUAN PIPA AIR BERSIH DARI DINAS PERKIM WAJIB DIPELIHARA ,”

  • Whatsapp

JOMBANG TKTNEWS.net – Program perbaikan saluran air minum yang diambilkan dari sumber mata air untuk Desa jenis gelaran Kecamatan Bareng dan Desa Sambirejo Kecamatan Wonosalam dirasakan betul manfaatnya oleh 400 Kepala Keluarga yang sebelumnya kesulitan air bersih untuk minum.

Program ini dibiayai dari dana pusat dengan besar Anggaran Rp. 910 .000.000 ( Sembilan ratus sepuluh juta rupiah) Dana Alokasi Khusus (DAK) merupakan dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Dari pantauan wartawan ( 15/12/2019) dilokasi sumber mata air hingga ke para pemanfaat mengunakan pipa PVC 2″ yang sebelumnya adalah program Pamsimas kemudian ditindaklanjuti dengan DAK ((Dana Alokasi Khusus) atau sering disebut dana penugasan, karena pipa sebelumnya dianggap tidak layak.

Menurut keterangan Warga masyarakat RW/Rt 01/01 sebut saja Slamet dan Sumareh ketua RW melalui Kaur perencanaan Juwadi dikatakan ” Mereka semua senang dengan adanya bantuan pipa dari pemerintah karena air minum sekarang sudah bisa masuk ke rumah penduduk tanpa harus kesulitan membagi air

Ditambahkan oleh Kaur perencanaan untuk pembangunan adalah dari rekanan pemenang tender, dan perawatan sedangkan untuk pengoperasionalannya adalah hak mutlak Ketua (KP) (Kelompok pengelola) spams ( sistim penyedia air minum dan sanitasi) ,” ungkap Jaswadi.

Sementara menurut Mantan Kepala Desa Jenisgelaran H.Sudar yang sekarang lagi menikmati suasana santai bersama keluarga besarnya mengatakan ,” Program yang sekarang lagi dalam penyelesaian adalah pengajuan proposal 2019 awal dari pengajuan 1,3 M. Dijadwalkan pelaksanaan tahun ini (2019 akhir) terealisasi 910 juta rupiah, terdiri dari dua brogkep ,berikut SR (sambungan Rumah) sejumlah 100 buah dan sudah terpasang , jadi meskipun kemarau air masih memadai ,

Mantan Kepala Desa mengajak semua pihak wajib berterimakasih pada pemerintah daerah Kabupaten Jombang melalui Dinas perumahan dan permukiman ini semua bisa terwujud, maka dalam kesempatan ini, marilah bersama-sama untuk saling menjaga semua yang sudah kita terima demi keberlangsungan program program berikutnya,” Ungkap H.Sudar.

Sementara ditempat berbeda Kepala Desa periode 2019 -2025 Bambang saputro (42 tahun)mengatakan ,” Saya atas nama pemerintah desa, mengucapkan terima kasih kepada bapak Mbah Sudar yang telah mengupayakan program pipanisasi, dan semua fihak , Kami akan berusaha melanjutkan Pemerintah Desa yang sudah baik menjadi lebih baik lagi serta mengajak masyarakat untuk guyup rukun demi Desa Jenisgelaran,” Pungkasnya sambil menunjuk mata air di grenjeng ADV(Jit ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan