KPU Kabupaten Situbondo Gelar Sosialisasi tentang peran strategis media .

  • Whatsapp

.

Situbondo TKTNEWS.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo menggelar sosialisasi tentang peran strategis media dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Situbondo Tahun 2020, Rabu (18/12/2019) di Aula lantai II Kantor Kejaksaan Negeri Situbondo.

Hadir dalam acara tersebut, komisioner KPU Kabupaten Situbondo, sekretariat KPU, anggota Polres Situbondo, anggota Kodim 0823 / Situbondo dan wartawan dari berbagai media di Situbondo. Serta dua orang narasumber yaitu, Kasi Pidum Kejari Situbondo Handoko Alfiantoro SH M Hum dan Ketua organisasi wartawan R1 Situbondo Zaini Zain.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto yang diwakili oleh komisioner KPU bagian Divisi Perencanaan Program data, Usman Hadi S Hi mengatakan, peran media sangat penting dalam sosialisasi tahapan pemilu, maka KPU Kabupaten Situbondo perlu menjalin kerjasama yang harmonis terhadap media dalam membantu tahapan, meningkatkan partisipasi pemilih, baik media cetak, online, radio dan televisi.

Usman Hadi, yang juga secara langsung membuka acara dan berharap, semua wartawan dari media baik cetak, online, radio dan televisi bekerjasama membantu sosialisasi KPU Kabupaten Situbondo.

“ Sinergitas yang dibangun antara media dan penyelenggara pemilu diharapkan dapat berjalan dengan baik. Untuk mensukseskan pemilu mendatang, ” ungkapnya.

Imam Nahrawi, Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Situbondo yang juga selaku moderator acara mengungkapkan bahwa sinergitas KPU dan media, diperlukan untuk saling mengisi peran strategis media.

“ Membangun sinergi dengan media sangat penting demi membangun komunikasi publik sebagai wujud kebebasan pers karena tak akan ada demokrasi tanpa ada kebebasan pers, sukses Pilbup memelihara hubungan yang harmonis dengan media, ” ungkapnya.

Ada peran yang diambil pers sebagai bagian dari suksesi antara lain, Kegiatan pemilihan, publikasi penyampaian pada masyarakat, kontrol penyelenggara, kehumasan, website KPU.

Kegiatan ini bertujuan menjalin hubungan kerjasama yang baik dan harmonis antara media dengan KPU Kabupaten Situbondo sebagai sarana sosialisasi dan informasi tahapan-tahapan terkait Pilbup Situbondo 2020 mendatang.

Dengan harapan media dapat membantu mensosialisasikan kepada publik tentang jadwal dan tahapan Pilbup serta membantu meningkatkan partisipasi pemilih baik melalui media cetak, elektronik, televisi dan media online.

Sementara itu, Marwoto Ketua KPU Kabupaten Situbondo saat dihubungi wartawan TKTNEWS.net melalui WhatsApp nya menyampaikan, tahun depan kita akan ada agenda besar yang harus kita sukseskan bersama.

” Sebentar lagi ada agenda besar Pilbup dan wabup Situbondo, mari kita bersama-sama mensuskeskan Pilbup Situbondo dengan bantuan dan kerjasama dari teman-teman media, “tulisnya. Kamis (19/12/2019) pagi. 

Kegiatan Sosialisasi yang dilaksanakan KPU tersebut resmi dibuka langsung oleh Komisioner KPU Kabupaten Situbondo Usman Hadi didampingi Imam Nahrawi Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Situbondo.

Lalu dilanjutkan dengan diskusi, Imam Nahrawi selaku Divisi SDM dan Parmas, dengan topik ‘Sinergi Media Dalam Upaya Partisipasi Dalam Pilbup dan Wabup Situbondo.

Imam menyampaikan, kerjasama baik iklan dan pemberitaan dengan regulasi, kualifikasi dan klasifikasi media. Baik itu media cetak, elektronik dan media online. 

“ Tentunya, semua media yang mengajukan proposal kerjasama publikasi dan iklan. Itu harus melampirkan company profile perusahaan media, maka nantinya akan kita sesuaikan dengan anggaran yang ada, ” ungkapnya. (imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan