Buka Pertanian Lahan Tanah Segaran Yang Sakral

  • Whatsapp

Ponorogo TKTNEWS.net Masyarakat Dukuh Segaran Desa Pulung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur adakan rutinitas adakan kegiatan pengerjaan lahan tanah punden segaran,yang sakral setiap tahun yang harus di laksanakan .

Kegiatan ini di laksanakan pada hari jumat 20 Desember 2019 tepatnya di lahan tanah punden di
dukuh segaran desa Pulung di mulai pengerjaan itu pada pukul 06.30.selesai pada pukul 07.52 WIB.

Masyarakat tampak antusias dalam melaksanakan kegiatan yang penuh mistik ini garap seperti lahan persawahan yang sudah siap di tanami,namun sesuai adat yang sudah tradisi adalah tidak di tanami ,hanya bentuk pengolahan saja lahan tanah yang sudah siap di tanami saja.

Dalam kegiatan ini tni anggota koramil pulung giat untuk membantu kegiatan pelaksanaan garap lahan tanah punden segaran yang harus di kerjakan ,dengan alat bantu pembajakan 4 mesin traktor yang kerahkan ,untuk pengerjaan lahan tersebut.

Masyarakat dukuh Segaran Desa Pulung antusias bersama anggota TNI Koramil Pulung giat untuk pengerjaan lahan tanah tersebut,selain di kerjakan dengan mesin traktor juga di bajak dengan alat manual pacul seadanya.

Tidak hanya areal persawahan saja yang di kerjakan namun sekitar punden itu juga di bersih kan untuk tertata yang baik dan tampak bersih di sekitar punden maupun masjid di segaran .

Hal ini menurut sesepuh dukuh segaran menjelaskan bahwa kegiatan ini rutininitas harus di laksanakan setiap tahun ,karena sudah merupakan adat jawa dan sudah tradisi masyarakat dukuh segaran.

Pada intinya masyarakat adakan doa bersama untuk meminta kepada Tuhan yang maha kuasa supaya masyarakat ayem tentrem ,dan di jauhkan tolak balak.

Selanjutnya berlangsung di adakan genduri atau sedekah bumi ,doa bareng semua masyarakat yang ikut mengerjakan lahan tanh punden itu atau, yang hadir di lokasi lahan pertanian.

Putut Anggota TNI Koramil Pulung menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini TNI manunggal bersama masyarakat ,akan kerja sama atau membangun kebersamaan ,pada masyarakat,demi terwujudnya solidaritas yang kuat dan tangguh ,bahwa TNI kuat bersama masyarakat.salih membantu kegotong royongan juga mengamankan kegiatan yang di lakukan masyarakat.

Pantauan TKTNEWS.net kegiatan lancar dan sukses tidak ada ada hambatan. Masyarakat berharap untuk kegiatan tahun depan untuk lebih di tingkatkan kekompakan untuk melaksanakan kegiatan tradisi tahunan ini( Ong)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan