Desa Dolopo fokuskan Program Pembangunan Drainase Untuk Antisipasi Musim Hujan

  • Whatsapp

Madiun TKTNEWS..net untuk mengantisipasi Permasalahan banjir yang terjadi setiap musim penghujan hampir sering dialami di semua wilayah di desa Dolopo ,Sebab hal ini dikarenakan permasalahan saluran irigasi yang tidak lancar dimana banyak saluran drainase yang tidak berfungsi yang normal.

Terkait permasalahan banjir,daerah yang dekat aliran sungai rawan terjadinya banjir.Hal ini dikarenakan saluran sungai banyak yang mengalami sedimentasi/pendangkalan akibat timbunan material dan juga tumpukan sampah yang menyumbat aliran sungai.Untuk itu dalam beberapa hal mengantisipasi permasalahan banjir yang terjadi di musim penghujan maka program normalisasi saluran irigasi dan program pembuatan drainase adalah fokus prioritas,pembangunan di desa Dolopo.

Di tahun ini, pemerintahan Desa Dolopo,Kecamatan .Dolopo Kabupaten Madiun memfokuskan program Dana Desa tahun anggaran 2019 untuk pembangunan drainase ,yang tujuan nya mengantisipasi banjir.Hal ini dilaksanakan Ketika musim penghujan agar tidak terjadi banjir yang dapat menggenangi pemukiman warga desa dan jalan-jalan utama yang mengganggu arus transportasi.”Program drainase untuk wilayah Desa Dolopo ini tahun ini diprogramkan untuk mengantisipasi musim hujan yang berakibat banjir.pelaksanaan pembangunan ini juga atas dasar usulan atau merupakan aspirasi dan keluhan masyarakat ,supaya permasalahan banjir bisa berkurang sehingga masyarakat desa dapat melakukan aktivitasnya dengan baik dan lancar.

Untuk program-program lainnya apa yang menjadi aspirasi masyarakat desa akan dipenuhi dan dilaksanakan secara bertahap karena menyesuaikan anggaran yang ada.Dan untuk program drainase ini diambilkan dari anggaran program Dana Desa ,dan pembangunannya dilaksanakan oleh TPK tim pelaksana kegiatan yang terdiri dari masyarakat,lembaga dan tokoh masyarakat desa.

Pelaksanaan pembangunan drainase tepatnya di alokasikan di wilayah RT.12 dan RT.14. Dan perlu diketahui bahwa pembangunan desa ini dilaksanakan secara transparan dan merata supaya masyarakat mengetahui semua program pembangunan desa.

Kepala Desa Sayekti menjelaskan di untuk tahun ini Dana Desa yang diterima Desa Dolopo sebanyak 750 juta, dan beliunya telah berkomitmen ingin membangun desanya menjadi desa yang maju,berkembang,mandiri dan beraklak selaras dengan visi-misi pemerintahan Kabupaten .Madiun.

Dan atas nama pemerintahan desa,Kades Sayekti mengucapkan terimakasih atas program-program Bupati Madiun , yang disalurkan khususnya ke Desa Dolopo yang dapat memajukan pembangunan dan mensejahterakan masyarakatnya.”Saya atas nama pemerintahan desa mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah atas program-program yang telah disalurkan ke desa baik yang bersumber dari APBD maupun APBN yang langsung bersentuhan dan dirasakan oleh masyarakat desa,” terangnya.

Disamping program Pembangunan drainase yang saat ini masih berjalan,program lainnya seperti program pembangunan pavingisasi dan program pembuatan sumur submersibel juga telah dilaksanakan dan sudah dapat dinikmati oleh masyarakat desa.

Kepada awak media,Kades Dolopo menyampaikan harapannya yaitu:”Semoga ditahun mendatang program-program dari pemerintah tetap berjalan lancar untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat sehingga roda perekonomian desa tetap berjalan untuk menunjang tercapainya visi-misi pemerintahan desa.” (ehp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan