Kades Terpilih Bersengketa AkanTetap Dilantik

  • Whatsapp

Situbondo TKTNEWS.net – Ada dua kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak tanggal 23 Oktober lalu, masih bersengketa di Pengadilan Negeri Situbondo. 

Yaitu Kades terpilih Desa Kumbangsari, Kecamatan Jangkar dan Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih. Hingga saat ini, belum ada keputusan hukum terkait laporan dugaan kecurangan itu.

Meski demikian, keduanya dipastikan tetap dilantik besok pagi (Senin 30/12/2019). Seperti yang diketahui, ada 116 orang yang akan diangkat sumpahnya sebagai kades definitif.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, Lutfi Joko Prihatin mengatakan, proses hukum yang sedang berjalan, tidak ada kaitannya dengan agenda pelantikan. 

“ Begitu juga dengan gugatan di pengadilan, tetap berjalan, ” jelasnya.

Dalam regulasi, kasus hukum yang sedang berjalan, tidak mempengaruhi terhadap proses pelantikan. Sebab, belum ada ketetapan hukum dari pengadilan. 

“ Akan tetapi kalau sudah inkrah, kita wajib melaksanakan keputusan hukum itu, ” katanya.     

Lutfi menerangkan, gugatan dugaan kecurangan dalam pelaksanaan pemilihan tersebut, belum disidangkan. Jika nanti ada agenda pemanggilan DPMD, Lutfi menegaskan, pihaknya bersedia untuk hadir. 

“ Pasti hadir, karena itu kewajiban kita untuk memberikan keterangan, ” tambahnya.

Mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) itu enggan menjelaskan materi gugatan penggugat. Yang pasti, ada dugaan kercurangan dalam tahap pemilihan. Dia memaklumi adanya keberatan-keberatan dari sejumlah pihak terkait hasil pemilihan. 

“ Hal yang wajar, karena ada yang tidak puas, ” katanya.

Dia menambahkan, pelantikan terhadap kades terpilih yang masih bersengketa di pengadilan, bukan berarti mengabaikan proses hukum yang berjalan. Lutfi mengatakan, DPMD tetap menghormati pihak-pihak yang mengajukan gugatan atau keberatan.

” Kita sangat menghargai, tetapi harus bisa dibuktikan, ” ujarnya.

Sementara itu, Lutfi mengaku, pelaksanaan pilkades serentak tahun ini, berjalan dengan lancar. Tidak ada kendala yang mengganggu kondusifitas di tengah-tengah masyarakat. 

“ Memang ada riak-riak di bawah, tapi Alhamdulillah sudah bisa diselesaikan, ” pungkasnya. (imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan