Kanca BRI Situbondo Sosialisasi KUR 6 Persen.

  • Whatsapp

J

Situbondo TKTNEWS.net – Kantor Cabang (Kanca) BRI Situbondo melakukan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) 6 persen di Kantor Kecamatan Situbondo kota, Rabu (22/01/2020). 

Sosialisasi tersebut diikuti para camat, para kepala desa, serta pelaku usaha di wilayah Kecamatan Situbondo, Kendit, Panarukan, Panji, Mangaran dan Kapongan.

Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH yang hadir pada kegiatan sosialisasi kemarin mengatakan, bunga KUR yang sebelumnya 7 persen, kini pada tahun 2020 turun menjadi 6 persen per tahun. 

“ Program KUR ini merupakan program dari pemerintah pusat yang bertujuan untuk membantu mengangkat kesejahteraan rakyat,” katanya. 

Bupati H Dadang berharap kepada BRI, tidak hanya memfasilitasi kredit. Akan tetapi juga ada pemberdayaan berkelanjutan kepada masyarakat. Seperti pembinaan-pembinaan terkait usaha yang sudah dijalankan. 

Dia juga mengimbau kepada para camat dan kepala desa untuk mengumpulkan warganya yang sudah memiliki usaha berkelanjutan. 

“ Supaya akses informasi terkait KUR 6 persen ini benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Pembinaan itu bukan hanya tugas pihak BRI. Akan tetapi camat dan kades juga diharapkan benar-benar melakukan pendampingan kepada penerima KUR. 

“ Supaya pembiayaan KUR benar-benar dipergunakan untuk usaha produktif, bukan untuk hal yang konsumtif,” kata H Dadang. 

Kepada seluruh peserta yang menbgikuti sosialisasi, Bupati H Dadang meminta agar kembali disampaikan kepada masyarakat. Para kades misalnya, menggelar kegiatan sosialisasi di kantor desanya masing-masing. 

“ Sehingga informasi tentang KUR ini tersampaikan secara luas. Warga berpotensi mendapatkan KUR dari program pemerintah yang dilayani BRI kantor cabang atau unit terdekat, agar dikumpulkan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menyinggung tentang pertumbuhan ekonomi Situbondo yang kini sudah tumbuh rata-rata di atas nasional. Pertumbuhan ekonomi Situbondo ada di angka 5,4 persen. Sedangkan nasional 5,02 persen. 

“ Ini menunjukkan dinamisasi ekonomi di masyarakat hidup. Terutama untuk usaha kecil yang mampu menjadi penopang tahan banting di era globalisasi,” pungkas H Dadang. 
 
Plt Pemimpin BRI Kanca Situbondo, Djanto Adi Dwi Susetyo menambahkan, pihaknya siap melayani masyarakat dalam memenuhi kebutuhan permodalannya melalui KUR BRI dengan bunga 6 persen. Dia menegaskan, BRI akan memberikan pelayanan sederhana, murah dan mudah.

Lebih lanjut Djanto menerangkan, BRI akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sasaran Sosialisasi berikutnya ke Kecamatan-kecamatan di wilayah barat dan timur Situbondo. 

” Sehingga KUR dengan bunga 6 persen tersampaikan secara luas kepada masyarakat, “pungkasnya. (imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan