Digelontor Sesuai Kebutuhan, Pupuk Tetap Kurang.

  • Whatsapp

  
Situbondo TKTNEWS.net- Pemerintah telah menggelontorkan pupuk bersubsidi ke petani pada Bulan Januari lalu sebanyak 3,8 ton. Jumlah itu sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan.

Tetapi, kenyataan di lapangan, kekurangan pupuk masih tetap dirasakan. Buktinya, ada beberapa petani tidak mendapatkan pupuk sesuai kebutuhan. Di samping itu, stok di kois selalu habis. Padahal, kios seharusnya tetap menyimpan stok.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Situbondo, Sentot Sugiyono menerangkan, kekurangan itu disebabkan karena sebagian petani membeli pupuk untuk kebutuhan satu kali tanam. Padahal, dalam pembelian disesuaikan dengan kebutuhan satu bulan.

“Petani kelihatannya ada rasa takut dengan kekurangan pupuk, sehingga membeli sekaligus,” jelasnya.

Sentot menerangkan, hal tersebut sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, dia memastikan, setiap bulan akan tetap menyalurkan pupuk sesuai kebutuhan. 

“Harapan kita, petani beli sesuai dengan kebutuhan saat ini. Bukan kebutuhan satu kali tanam dalam satu musim dibeli sekaligus,” ujarnya.

Nah, pemahaman inilah yang akan diberikan kepada para petani pada penyaluran berikutnya. Sentot menerangkan, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) akan mensosialisasikan tentang hal itu. 

“Informasi yang diterima langsung dari kelompok tani,” kata Sentot kepada wartawan TKTNEWS.net. Rabu (05/02/2020) siang.

Sentot mengatakan, pupuk yang disalurkan akan memperhitungkan kebutuhan petani. Sebab, stok tiap bulan di gudang sudah tersedia sekitar 4 ton. 

“Yang penting di E-RDKK (Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) sudah tertera kebutuhan dalam setiap musim tanam,” jelasnya.

Sementara itu, Sentot mengaku, saat ini DTPHP akan mendorong kelompok tani agar tetap menyempurnakan E-RDKK sebagai syarat penyaluran pupuk. 

“Portal pusat dibuka tiap tanggal 20 dan 25 dalam setiap bulan. Jadi, persiapan untuk E-RDKK Bulan Februari akan kita garap bareng-bareng,” pungkasnya. (imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan