Manfaatkan Sampah Plastik Menjadi BBM

  • Whatsapp


Kendal TKTNEWS net Warga Desa Penanggulan Kendal Ubah Sampah Plastik menjadi BBM
Sejumlah pemuda pegawai BUMDes sedang menunjukkan proses pengolahan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM).

Sampah plastik kerap kali dibuang begitu saja dan bisa memperkeruh lingkungan. Padahal sampah plastik bisa didaur ulang menjadi produk bermanfaat dan mendatangkan penghasilan rupiah.

Seperti yang dilakukan oleh warga Desa Penanggulan, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal,Sampah plastik diolah menjadi bahan bakar minyak. Warga pun menerima pemberian sampah plastik dari desa tetangga untuk dimanfaatkan kembali.

Pengolahan sampah di Desa Penanggulan dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Tidak hanya sampah plastik yang diolah, tapi juga sampah organik yang didaur ulang menjadi pupuk organik cair.

Kepala Desa Penanggulan, Ria Setyaningsih mengatakan, pendirian BUMDes berawal dari banyaknya keluhan warga terkait sampah yang menimbulkan bau tak sedap. Dari situ lah kemudian tercetus ide untuk mengolah sampah menjadi produk bermanfaat. Sampah plastik diolah menjadi bahan bakar minyak, seperti bensin, solar, dan minyak tanah.

“Sampah plastik seberat satu kilogram bisa menghasilkan bahan bakar minyak sebanyak 0,8 liter. untuk pengolahannya sendiri membutuhkan waktu antara tiga sampai empat jam,” kata Ria Setyaningsih, (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan