Gubernur Dan Pangdam V/Brawijaya Tanam 50 Ribu Vertiver Di Lereng Gunung Semeru

  • Whatsapp

Lumajang, TKTNEWS.net,Dua petinggi di Jawa Timur, yakni Gubernur, Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi patut dicontoh oleh masyarakat Jawa Timur dalam kaitan penghijauan.

Gubernur dan Pangdam Sabtu (15/2) berada di lereng Gunung Tertinggi di Jawa, yakni Semeru. Ranupani yang dikenal sebagai tempat persinggahan terakhir sebelum naik puncak Semeru, Khofifah dan Wisnoe menanam 50 ribu rumput.Penanaman rumput itu menindaklanjuti instruksi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sebagai wujud konservasi alam.

“Ini gerak cepat menindaklanjuti perintah.Aster Kodam langsung koordinasi dengan Kadishut Jatim dan Sekda untuk menyiapkan teknis dan lahan di Ranupani,”ungkap Gubernur usai menanam.

Dijelaskan Khofifah, sekarang baru ditanam 50 ribu vertiver, ke depannya akan terus ditanam sampai 200 ribu. Vertiver butuh air, sehingga di tanam saat musim penghujan.

Sementara itu, Pangdam V/Brawijaya pada kesempatan tersebut juga menegaskan pihaknya akan terus melakukan penanaman vertiver dengan di koordinasi Korem dan Kodim di jajaran Kodam V/Brawijaya.

“Penanaman itu tidak hanya di dataran tinggi.
Bisa juga ditanggul sungai, karena fungsinya untuk mengikat tanah dan menekan sekecil mungkin dampak bencana longsor,” ujarya.(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan