PEMBANGUNAN BANDARA KEDIRI TAHAP SATU. TELAN ANGGARAN RP 9,2 TRILYUN

  • Whatsapp

Kediri TKTNEWS.net – Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menyebutkab bahwa nilai investasi Pembangunan Bandara Kediri mencapai 9.2 trilyun untuk tahap pertama, nilai tersebut termasuk nilai untuk pembebasan lahan. Sesuai masterplan pembangunan Bandara Kediri dilakukan dengan tiga tahap. Di mana tahap pertama di mulai April 2020 mendatang.

“Untuk tahap awal dengan pembebasan tanah sekitar Rp 9,2 triliun. Rencananya kalau pentahapannya sesuai master plan itu 3 tahap,” kata Novie Riyanto kata kepala dirjend saat ditemui di Pendopo Pemkab Kediri, Sabtu15 februari 2020 kemarin.

Proses pembangunan masih menunggu pembebasan lahan selesai 100%. Sampai saat ini pembebasan lahan Bandara Kediri sudah mencaai 98,4% atau menyisakan sekitar 1,5 hektar dari total lahan seluas 450 hektar.

Untuk mempercepat pembangunan, Novie mengaku proses pembebasan ganti rugi yang belum terselasaikan akan diserahkan kepada pengadilan. Melalui proses itu diharapkan bisa mengejar target groundbreaking pada April 2020.

” Agar lebih cepat untuk mengejar target groundbreaking agar lebih cepat kami serahakan untuk konsinyasinya.” ujarnya.

Proyek pembangunan Bandara di Kabupaten Kediri ini menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan pembiayaan seluruhnya mulai dari pembebasan lahan sampai ke pembangunan Bandara menggunakan dana dari swasta yaitu PT Gudang Garam Tbk.

Dari lahan seluas 450 hektar, rencananya akan dibangun landasan pacu bandara (runway) sepanjang 3.000 meter yang ditargetkan rampung dalam 2,5 tahun. Pembangunan bandara akan dilakukan tiga tahap, di mana tahap I ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020 ini (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan