DPRD Ponorogo Sahkan Perda Kabupaten Layak Anak

  • Whatsapp

Ponorogo TKTNews net Impian Kabupaten Ponorogo menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2020 ini tinggal selangkah lagi.

Ini setelah instrumen dasar berupa regulasi KLA telah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ponorogo.

Pengesahan Rancangan Pertaruran Daerah (Raperda) KLA ini, dilakukan langsung oleh Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto, serta sejumlah pimpinan dewan, beserta Wakil Bupati (Wabup) Ponorogo, Soedjarno, dalam rapat paripurna masa sidang pertama di tahun 2020, yang dilaksanakan pada hari, Senin (9/3) malam.

Wakil Bupati, Soedjarno, mengaku senang dengan disahkanya Raperda KLA menjadi Peraturan Daerah ( Perda) Ponorogo ini. Pasalnya, dengan adanya regulasi ini, maka Pemkab akan lebih fokus dan terstruktur dalam pelaksanaan KLA di Ponorogo, sehingga mempermudah dalam penyusunan indikator dan penerapan perwujudkan Kabupaten layak anak.

” Tentunya regulasi ini menjadi dasar kita untuk mewujudkan KLA di Ponorogo. Dimana strategi dan upaya mewujudkan semua diatur dalam Perda ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto mengungkapkan, terhambatnya Provinsi Jatim menyandang status KLA, lantaran 3 Kabupaten/Kotanya belum menyandang status KLA, salah satunya Ponorogo. Selain untuk mempercepat mewujudkan KLA di Ponorogo, upaya ini juga dapat memsukseskan Provinsi Jatim menjadi KLA tahun ini.

” Sudah waktunya Ponorogo menjadi KLA. Dimana semua fasilitas dan pelayananya mengutamakan keberpihakan terhadap hak anak. Untuk itu kami sangat mendukung Pemkab mewujudkan KLA di Ponorogo tahun ini,” ungkapnya.

Kendati demikian, Sunarto meminta Pemkab untuk mulai melakukan penataan terhadap sejumlah faktor yang dapat mengganggu terwujudnya KLA. Salah satunya reklame rokok di depan atau berdekatan dengan lembaga pendidikan.

” Jadi tidak boleh. Sudah harus ditata mulai sekarang, zonasi rokoknya juga ditentukan. Pembentukan lembaga kesehatan dan pendidikan ramah anak juga diwujudkan. Agar tahun ini benar-benar kita bisa jadi KLA,” pungkasnya.(Advetorial eko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan