CEGAH CORONA, MAKAM SUNAN BONANG DAN ASMOROQONDI DITUTUP

  • Whatsapp

Tuban TKTNews net Untuk mencegah penyebaran virus corona, Pemerintah Kabupaten Tuban menutup seluruh wisata religi, alam, budaya dan buatan di Kabupaten setempat. Penutupan dilakukan mulai hari Rabu (18/3) sore kemarin, hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Suasana sepi terlihat sejak pintu masuk makam sunan bonang, di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban, Kamis (19/3) siang.

Kondisi ini terjadi setelah pihak Pemerintah Kabupaten Tuban, mengeluarkan surat himbauan penutupan untuk seluruh wisata religi, alam, budaya dan buatan di Kabupaten Tuban. Penutupan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya adalah wisata religi anggota wali sembilan, sunan bonang.

Sejumlah petugas dari Satpol PP, Dinas Pariwisata dan yayasan mabarrot sunan bonang, nampak disiagakan di sekitar lokasi makam. Untuk mengantisipasi adanya peziarah yang masuk. Bahkan, pintu masuk makam sunan bonang juga ditutup petugas.

Meski demikian, sejumlah pengunjung tetap nekat masuk dan berziarah. Namun, para peziarah yang datang dari luar kota ini mengaku nekat masuk, karena tidak mengetahui jika makam ditutup. Selain itu, mereka juga menganggap wabah virus corona sebagai hal biasa.

Sementara itu, ketua Yayasan Mabarrot Sunan Bonang, Sutrisno Rachmad, mengungkapkan, penutupan makam ini dilakukan sejak rabu sore kemarin hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan. “Hal ini sesuai dengan surat himbauan dari Bupati Tuban, Fathul Huda,” jelas Sutrisno Rachmad.

Selain menutup kunjungan peziarah, seluruh kegiatan di wilayah makam sunan bonang juga diberhentikan. “Sedangkan dalam waktu dekat, pihak pemkab akan melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan makan sunan bonang,” kata Sutrisno.

Selain makam sunan bonang, penutupan juga terlihat di makam punjer wali sembilan, syekh asmoro qondhi. Sekedar diketahui, 2 wisata religi di kota bumi wali tuban tersebut, tiap tahunnya dikunjungi jutaan peziarah dari indonesia dan luar negeri.
(M.SUPRIYONO)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan