Dana Operasional Rp 3 Juta Biarkan Dikelola RW Bersama Relawan Covid dan Pemerintah Desa Cukup Mengetahui Saja

  • Whatsapp

Sidoarjo TKTNews net – Hari ini Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sudah mulai menyalurkan bantuan operasional Rp. 3 Juta untuk 2.086 RW se-kabupaten sidoarjo. Bantuan tersebut diperuntukan sebagai operasional RW di masa PSBB tahap III, satu juta untuk makan dan minum, sisanya untuk kebutuhan posko relawan atau cek point di tingkat RW.

Penyaluran bantuan tersebut di serahkan secara simbolis oleh Nur Ahmad Syaifuddin Plt. Bupati Sidoarjo di Kantor Kecamatan Kota Sidoarjo, Bantuan ini akan di salurkan melalui Bank Jatim yang akan di kirim ke kacamatan.

“Saya ingin memastikan secara langsung bahwa dana operasional ini sudah cair kepada bapak/ibu RW tanpa kendala apapun, anggaranya sekitar Rp 6. 258, Miliar,” Katanya saat ditemui usai menyerahkan bantuan tersebut, Rabu 03 Juni 2020.

Lebih lanjut, Cak Nur panggilan akrabnya menegaskan bahwa dana tiga juta itu tidak ada hubungannya dengan pembentukan kampung tangguh, bantuan tersebut adalah bentuk support pemkab kepada pengurus RW yang sudah berjuang melawan Corona sejak PSBB diberlakukan di kota delta.

“Program pemberian dana operasional ini jangan dicampurkan adukan dengan pembentukan kampung tangguh. Kampung tangguh itu murni inisiatif dari desa sendiri,” jelasnya.

Bagaimana bentuk pertanggungjawabannya?
Fredik Suharto, mantan camat prambon yang sekarang menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) itu saat ditemui di kantornya, menjelaskan bahwa nanti pelaporan pengunaan dana tersebut langsung kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) atas sepengetahuan dari kepala desa.

“Laporannya nanti Ketua RW langsung ke saya, mengetahui kepala desa, biarkan dana tersebut di kelola Pak Ketua RW bersama relawan untuk pengadaan posko relawan covid, desa cukup mengetahui saja” ucap fredik, kepala dinas yang terkenal dekat dengan pemuda karang taruna ini.

Sementara Agustin Ariani Camat Sidoarjo menyampaikan di Kecamatan kota total keseluruhan ada 194 RW yang tersebar di 10 Desa dan 14 Kelurahan. Penyalurannya ini di mulai dari pukul 09.00 sampai dengan 14.00. hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan kerumunan massa dalam jumlah besar.

“Di PSBB ketiga ini peran RW sangat dibutuhkan, dengan bantuan dana dari pemda ini diharapkan dapat membantu menyukseskan PSBB ini,” jelasnya.(cdr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan