Bus Beroperasi Mengalami Penurunan 99 Persen Di Terminal Gayatri Tulungagung

  • Whatsapp

Tulungagung TKTNews net – Jumplah bus yang beroperasi di Terminal Gayatri Tulungagung menggalami penurunan dratis di banding hari-hari sebelum masa pandemi Covid-19. Yang sebelumnya Mobil Penumpang Umum (MPU) masuk di Terminal Gayatri sehari bisa mencapai 200 -300 bus, namun saat ini hanya berkisar 1 sampai 3 bus saja. Artinya bus yang beroperasi mengalami penurunan 99 persen.

Seperti yang dikatakan Kordinator Satuan Pelayanan Terminal Gayatri Tulungagung, Dukut Siswanto, saat ini bus yang masuk di Terminal Gayatri mengalami penurunan, hal ini disebabkan faktor sepinya penumpang yang belum maksimal. Selain faktor tersebut, foktor yang kedua adalah biaya pengeluaran oleh pemilik bus itu sendiri tidak sebanding dengan pemasukan saat ini.

” Inilah foktor yang menjadikan MPU di Terminal Gayatri menjadi turun dratis, perusahaan otomatis tidak mau merugi,” terang Dukut, Kamis (4/6/2020).

Lebih lanjut Dukut mengatakan, Meskipun saat sedang dalam situasi pandemi Covid-19, hingga pelonjakan bus mengalami penurunan, namun saat ini Terminal Gayatri masih tetap memberikan pelayanan pada masyarakat sebagaimana semestinya. Namun pelayanan yang diberikan tidak seperti dengan hari-hari biasa sebelum ada Covid-19. Pelayanan yang diterapkan untuk izin operasi MPU harus dengan standar protokol kesehatan yang berlaku.

” Bisa beroperasi tetapi harus memenuhi standar protokol kesehatan. Dan petugas nantinya akan memberlakukan cek poin di Terminal maupun di jalur perbatasan,” katanya.

Namun lanjut, Dukut, meski diperbolehkan beroperasi, namun masih ada peraturan yang harus di patuhi yaitu bus tidak semena mena bisa trayek ke daerah-daerah tertentu yang khususnya saat ini sedang diberlakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB)

” Bus Masih bisa beroperasi ke daerah-daerah yang tidak memberlakukan PSBB. Seperti contoh saat ini bus tidak bisa beroperasi ke daerah Surabaya karena PSBB masih berlaku disana,” jelasnya.

Seperti saat ini data yang ada sekarang, menurutnya, bus yang aktif beroperasi terlihat hanya bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) bahkan saat ini belum terlihat bus Antar Kota, Antar Propinsi yang masuk di Terminal Gayatri. Kalau mungkin masih ada, hal ini bisa diperkirakan saat beroperasi kemungkinan bisa saja tidak berhenti di Terminal Gayatri.

” Yang jelas Kita Terminal Gayatri saat ini masih memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagaimana sebelumnya. (gun)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan