Data Warga Miskin Di Sidoarjo Masih Amburadul, Dinsos di Desak Bentuk Tim Verfal Independent

  • Whatsapp

Sidoarjo TKTNews net – Rapat anggota dan pimpinan Komisi D DPRD Sidoarjo menggelar rapat (dengar pendapat) bersama Dinas Sosial (Dinkes) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) di ruang rapat DPRD Sidoarjo, Senin (08/06/2020) . Rapat ini membahas soal Verifikasi dan Faktual (Verfal) data warga miskin di Sidoarjo.

Dalam sidang ini DPRD mendesak agar Dinas Sosial Kabupaten untuk membentuk Tim Verifikasi Faktual (Verfal) masyarakat kurang mampu terdiri dari Dinsos, Dinas PMD, Dinas Kominfo, Dispendukcapil Pemkab Sidoarjo dan tim ahli dari Perguruan Tinggi. Ini Membahas, data yang digunakan saat ini masih amburadul BPNT, PKH dan DTKS.

Kepala Dinsos Pemkab Sidoarjo, Tirto Adi mengatakan tim gabungan independen untuk mencari data yang benar-benar sesuai indikator kesejahteraan. Klasifikasi Masyarakat kurang berhasil, berdasarkan indikator kemiskinan dari beberapa Kementerian.

“Rencananya, tim ini akan bekerja secara independen. Jika tidak sesuai dengan indikator kemiskinan akan dicoret. Argumentasi dilakukan secara objektif,” ujar Tirto Adi seusai rapat di Kantor DPRD Sidoarjo.

Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Pemkab Sidoarjo ini, mengungkapkan data yang akan disesuaikan ini bukan hanya Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Akan tetapi semua data kemiskinan dari tingkat desa dan data yang dimiliki Pemkab Sidoarjo.

“Penggunaan data terpadu ini tidak hanya untuk kepentingan penyaluran bantuan sosial terdampak covid-19. Tetapi akan digunakan referensi data penerima Bantuan Sosial (Bansos) dalam beberapa tahun kedepan. Data ini sebagai acuan Pemkab Sidoarjo dalam program pengentasan keuangan di Sidoarjo. sesuai dengan fakta di lapangan, “tegasnya.

Sementara Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, M Dhamroni Chudlori mengaku mendukung persetujuan pembentukan data verifikasi masyarakat miskin. Menurutnya, data ini agar bantuan dari Pemkab Sidoarjo dan dari bantuan lain bisa tepat sasaran.

“Kami akan siap mendukung program Dinsos ini. Temasuk kesiapan anggaran dalam mensukseskan program ini,” tandasnya. (Cdr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan