KSOP IV Panarukan Dan PT Pelindo III Menggelar Rapid Test Gratis Ke Masyarakat Nelayan.

  • Whatsapp

Situbondo TKTNews.net – Ditengah pandemi virus Corona atau Covid-19, Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan, Kabupaten Situbondo bekerjasama dengan PT Pelindo III Surabaya dan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Panarukan melaksanakan rapid test gratis untuk masyarakat nelayan Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, beberapa hari yang lalu.

“ Rapid test ini akan berlangsung selama 3 hari dan kita menyediakan 1.400 rapid test untuk masyarakat dan nelayan Desa Kilensari serta masyarakat di desa-desa se- wilayah Kecamatan Panarukan. Rapid test ini dilaksanakan dengan bekerjasama Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan dan Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas Panarukan, ” jelas Adji Djoko Wibowo selaku General Manager PT. Pelindo III Surabaya.

Lebih lanjut, Adji Djoko Wibowo mengatakan bahwa, program rapid test gratis Pelindo III ini jumlah totalnya sebanyak 50 ribu yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus Corona atau COVID-19. 

“ Untuk KSOP Kelas IV Panarukan mendapatkan kuota sebanyak 1.400 rapid test. Dan apabila dalam rapid test ini ditemukan ada yang reaktif, maka akan ditindaklanjuti swab, ” tuturnya.

Ditambahkan Adji Djoko Wibowo, pihaknya berharap rapid test ini bisa membantu pemerintah dalam mendeteksi dini ditengah pendemi virus Corona atau COVID-19. 

“ Semoga rapid test gratis yang kita laksanakan di Kantor KSOP Kelas IV Panarukan dapat membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Kabupaten Situbondo, ” pungkasnya.

Sementara itu, Aziz Syamy KTU KSOP Kelas IV Panarukan mengatakan, sasaran hari pertama rapid test gratis yang dilaksanakan KSOP Kelas IV Panarukan bekerjasama dengan PT. Pelindo III Surabaya dan Puskesmas Panarukan yakni masyarakat nelayan di pesisir Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan dan masyarakat umum yang ada di lingkungan KSOP Kelas IV Panarukan.

“ Rapid test gratis ini akan berlangsung selama 3 hari, terhitung mulai hari ini. Untuk rapid test hari ini, kita target 500 orang. Sedangkan, untuk 2 hari kebelakang 900 orang. Sedangkan, sasarannya masyarakat di wilayah Kecamatan Panarukan, namun yang diutamakan warga pesisir atau masyarakat nelayan Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, ” jelas Aziz Syamy KTU KSOP Kelas IV Panarukan.

Terpisah, Kepala PKM Panarukan dr. H Imam Hariyono mengatakan, hasil sementara rapid test gratis yang dilaksanakan KSOP Kelas IV Panarukan bekerjasama dengan PT. Pelindo III Surabaya dan Puskesmas Panarukan sebanyak 368 orang. 

“ Hasil rapid test sementara dari jumlah tersebut, semuanya non reaktif, ” ujar dr. H Imam Hariyono, singkat.

Sekedar diketahui, rapid test gratis yang dilaksanakan KSOP Kelas IV Panarukan tersebut bekerjasama dengan PT. Pelindo III Surabaya dan Puskesmas Panarukan disaksikan Kapolsek Panarukan, Camat Panarukan, Danramil Panarukan, Danpos AL Posal Panarukan Peltu Lis Didik Iswahyudi serta Muspika Kecamatan Panarukan. (im)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan