INSPIRASI PEMUDA DESA BATU PUTIH,MENJADIKAN HUTAN SEBAGAI DESTINASI WISATA

  • Whatsapp

Sumenep,TKTNews.net- inspirasi pemuda Desa Batu Putih, Kecamatan Kangayan, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menjadikan hutan sebagai destinasi wisata.

Generasi muda Desa Batu Putih Kecamatan Kangayan memiliki semangat baru dalam membangun desanya. Potensi hutan milik perhutani yang dulunya agak bersemak dibersihkan melalui kerja bakti pemuda bersama warga Desa setempat dikembangkan menjadi destinasi wisata yakni wisata TOGUR.

Hutan tersebut sekarang memiliki manfaat tambahan. Yakni sebagai tempat rekreasi masyarakat. Sebab, pemandangan alam yang berada di kawasan Wisata TOGUR itu sangat memukau.

Pengembangan Wisata TOGUR mampu merubah pola pikir masyarakat. Bila sebelumnya mereka menjarah hutan, dan hanya bermain gitar di pingir hutan. Sekarang semangat muncul untuk belajar memajukan Desa serta meningkatkat perekonomian warga.

“Hutannya sangat alami, begitu indah,” kata Ima, salah satu pengunjung Yang datang berekreasi ke tempat tersebut.

“Awalnya kawasan ini adalah hutan yang agak semak, lalu kami dengan para pemuda di Desa ini berserta warga melakukan kerja bakti membersihkan semak-semak Dan kemudian musyawarah bersama Kepala desa beserta perangkat desa, membahas bagaimana sekiranya bisa hutan tersebut Dimanfaatkan sebagai destinasi wisata,” tutur yudi pemuda Desa Yang juga Sekretaris Desa Batu Putih.

Begitupun Busappak Kepala Desa Batu Putih, Kecamatan Kangayan,Kabupaten Sumenep mengatakan kepada reporter TKTNews.net/tv bahwa lokasi wisata tersebut adalah ide dari para pemuda Desa pimpinannya.
“Iya benar, lokasi wisata itu berawal dari ide pemuda Desa ini Dan saya sebangai Kades merasa bangga dengan ide pemuda seperti ini Yang mengembangkan hutan menjadi destinasi wisata Yang tujuan utamanya untuk meningkatkan perekonomian warga Desa ini,” katanya.

Walaupun masih baru Juga maksimal pembangunannya, Wisata TOGUR Desa Batu Putih setiap hari sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar daerah kangean Dan juga pernah dikunjungi oleh Anggota SLAMET ARIYADI, S.Psi, Anggota DPR-RI Dapil Jawa Timur XI dari fraksi PAN.

“Sebagai kepala Desa saya ucapakan selamat datang dan selamat menikmati keindahan wisata TOGUR Dan mohon maaf sekiranya masih banyak kekurangan-kekurangan sebab pembangunannya masih belum maksimal, juga harapan saya sebagai kepala Desa agar wisata TOGUR ini mendapat perhatian dari pihak terkait, supaya pemerintah Desa bisa memaksimalkan destinasi wisata TOGUR, satu-satunya Destinasi wisata di Desa Batu Putih ini,” harapnya.(Reporter:Aiman)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan