Kelompok Tani Jarak Kebun Terima Bantuan Dome, Dinas Pertanian Propinsi Tanpa Biaya Pendirian

  • Whatsapp

Jombang TKTNews.net. – Poktan Jarak Kebun, Desa Jarak Kecamatan Wonosalam mendapatkan bantuan dari Dinas Pertanian Propinsi berupa alat dan perlengkapan (Dome) Rumah pengeringan kopi dengan ukuran 8×6 meter persegi tiga tingkat, kapasitas satu jemuran 3 ton.

Wonosalam merupakan daerah tropis yang baik untuk budidaya kopi , maka tak pelak, jika kemudian Dinas propinsi ini kemudian memberikan bantuan dome sebagai salah satu penyemangat petani di daerah Jarak.

Dalam hal ini Poktan harus kerja keras dalam mencari uang untuk merangkai dan mendirikan dome tersebut harus berupaya mandiri.

Antara lain material yang diperbantukan adalah Semen 40 sak, Bata merah 300, Koral 3 kubik, Pasir 4 kubik, Carbonat/Patin 6 lembar 210 x11, Besi 3×6 X 2 mili 30 batang panjang 6 meter, 3x3x2 mili 25 batang, Besi 10 inci 30 batang, 6 inci 25 batang 12 meter, Cat Nippon paint 7 kilogram, Baut drat 1.250 biji, Lem silikon 10 buah, Bendrat 15 kilogram

Sebagai kecamatan satu satunya penghasil kopi di Kabupaten Jombang yang kualitasnya bagus, hingga diakui daerah lain bahkan dunia karena tanaman ini termasuk incaran negara Belanda saat penjajahan dulu, terbukti banyaknya pabrik peninggalannya.

Menurut Gunadi Ketua Kelompok Tani Jarak Kebun saat ditemui dirumahnya (25/06/2020) Menjelaskan,”Jumlah anggota inti 25 orang, pasip 57 orang, Ketua saya sendiri, Sekertaris Sutris, Bendahara Sutono, sebagai pengendali.

Sementara disisi lain juga dikatakan, untuk pendirian Some,Tempat dan lokasi gratis, untuk biaya kita harus mencari sendiri dan kami bekerja sama dengan desa untuk soal anggaran karena kas kelompok lagi kosong,

Untuk hasil panen yang sudah bisa dihitung dari masa panen rata rata setiap tahun dari petani buah kopi yang dipetik masing-masing, Eselsa 15 ton glondong, Robusta 10 ton, Arabika 2 kwintal, atas nama Kelompok terimakasih pada pemerintah yang sudah membantu alat dome ini,” Pungkasnya.(Reporter Jit).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan