September Mendatang Gerdayak Laksanakan Kongres Nasional

  • Whatsapp

Palangkaraya TKTNews net- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Indonesia pada Sabtu 11 Juli 2020 mengadakan rapat persiapan utk melaksanakan Kongres Nasionalnya yg Kedua..yg merupakàn siklus 5 tahunan Organisasi Gerdayak Indonesia dimana pada 5 tahun yg lalu telah diadakan Kongres Nasional I. Pd kesempatan rapat tersebut, diserahkan Surat Keputusan (SK) Nomor : SKEP-011/DPN-GI/VI/2020, yaitu tentang Susunan Kongres Nasional ke-II Gerdayak Tahun 2020 di Betang Hapakat Km 3,5 Jalan RTA Milono Kota Palangka Raya.

SK diserahkan Dewan Pimpinan Nasional kepada Panitian Kongres Nasional ke-II Gerdayak tahun 2020. Perlu diketahui sesuai AD dan ART Gerdayak Indonesia diresmikan terbentuk tahun 2005 diKalteng dan secaraNasiona terbentuk tahun 2010, dan selanjutnya dapat mengadakan kongres nasionalnya yg pertama pada tahun 2015.

Kongres Nasional ke-II direncanakan pada pertengahan Bulan September 2020. Namun nantinya kita akan taat dan mengikuti protokol kesehatan, dan tetap mendukung perjuangan pemerintah dalam penanganan Covid-19. Shg pelaksanaannya pun akan menyesuaikan dengan petunjuk Pemerintah.

Dalam pertemuan tadi diikuti oleh Panitia pengarah dan Panitia Pelaksana, dan pada kesempatan rapat tadi, ada hadir Wakil Ketua SC dari Gerdayak Kalsel, yg juga adalah Ketua Umum GERDAYAK Kalsel, Sdr Joni Kuku, sedangkan Wakil Ketua SC dari Kaltim, Kalbar dan Kaltara memang tidak bisa hadir karena masa pandemi Covid-19, tetapi tidak mengurangi kelancaran acara.

“Dalam Kongres Nasional yg diadakan 5 tahunan sekali ini, Gerdayak akan menyempurnakan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga (AD dan ART) kita. Karena anggaran dasar Gerdayak ini masih banyak kekurangan. Nah ini yang kita sempurnakan dengan mempersatukan persepsi atau sudut pandang pemuda-pemuda Dayak untuk masa depan bangsa ini. Selain itu juga kita menajamkan Program kita pada bidang peningkatan SDM kita agar mampu bersaing dikancah Nasional maupun Internasional. Mungkin untuk kendala selama ini karena belum siapnya SDM yang memadai, nah ini yang kita bahas”. Ungkap Ketua Umum DPN Gerdayak Indonesia, Drs Yansen A Binti MBA kepada awak media ini di kediamannya.

Yansen menambahkan, pihak juga melakukan penyempurnaan program kerja nasional dari berbagai bidang selain bertumpu pada peningkatan SDM, juga pada bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya serta pertahanan keamanan. Namun sebutnya, Gerdayak tetap menekankan bahwa Pancasila sebagai Ideologi bangsa Indonesia adalah sudah final dan ini tidak perlu dibahas lagi. Yang paling penting adalah bagaimana kita meningkatkan kemampuan kualitas emosional untuk bersatu seperti Penyang Hinje simpei dan kemampuan intelektual serta kemampuan berbisnis untuk melahirkan orang Dayak profesional dibidang masing2.

“Kita juga mendukung Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat dalam pembangunan, Gerdayak pun harus siap memberikan sumbangsih untuk Negara dan siap terlibat dalam pembangunan nasional, termasuk program nasional seperti pengembangan Food Estate di Kalteng nantinya”. Kata Yansen.

Di sela2 acara Kongres Nasional Gerdayak nanti, lanjutnya, akan menggelar Bazar nasional, seperti mengadakan pameran kesenian, memamerkan kerajinan tangan dan mengadakan gelar pameran kuliner Dayak dan UMKM Dayak. Namun tidak menutup kemungkinan kuliner non Dayak pun juga dilibatkan untuk memeriahkan acara.

“Dalam pameran tersebut kita beri gelar Pekan Budaya Dayak Nasional yg nanti kita harapkan membuka acara tersebut adalah Bapak Gubernur kita H. Sugianto Sabran, karena beliau juga perwakilan dari Pemerintah Pusat. Usai acara kongres, kita akan menampilkan parade dari para peserta dan dilanjutkan penyerahan penghargaan kepada para Tokoh-Tokoh yang telah bersama sama kami memperjuangkan dan membesarkan Gerdayak ini”. Tukas Ketua Umum Gerdayak Indonesia ini. ( Reporter nto)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan