Pemdes Paowan Adakan Musdus, Tahap Awal Perencanaan Pembangunan Desa.

  • Whatsapp

Situbondo TKTNews.net- Sehubungan dengan penyusunan RPJMDesa, Pemerintah Desa Paowan mengadakan Musyawarah Dusun (Musdus) untuk menyerap pendapat dan keinginan warga terkait ” Dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa Paowan Periode 2019 – 2025 kegiatan tahun anggaran 2020 yang diadakan di rumah Tolak Imam Riyanto anggota BPD Paowan perwakilan Dusun Bukkolan, Rabu (15/07/2020) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Paowan Bapak Saiful Hady S Pd, Sekretaris Desa Paowan Bapak Yusuf Gunawan SP dan para Perangkat Desa, pendamping lokal Desa, Ketua RT dan RW, pemuda ormas dan tokoh masyarakat, Acara dimulai dengan pembukaan yang di sampaikan oleh Agus Wahid Marhan selaku pembawa acara dan di lanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Desa Paowan.

Musdus ini merupakan tahapan awal dalam proses perencanaan pembangunan desa, dimana hasil musyawarah dusun ini menjadi acuan bagi Pemerintah Desa dalam menentukan kebijakan pembangunan Desa di setiap tahunnya. Kegiatan Musdus dilakukan untuk menggali aspirasi masyarakat sebagai bahan dalam penyusunan RPJMDesa Paowan tahun 2020-2025, dengan pembahasan usulan masing-masing RT dan masyarakat yang disampaikan oleh ketua RT, RW dan perwakilan BPD setempat.

Usulan – usulan warga yang diusulkan oleh Ketua RT dan perwakilan lingkungan, semuanya tertampung dalam musyawarah dusun ini, mulai dari pelayanan sosial dasar (PSD) yang melingkup sosial, pendidikan dan layanan kesehatan, infrastruktur, ekonomi, juga kegiatan-kegiatan yang bersifat kewargaan tercover untuk diajukan dalam musyawarah perencanaan pembangunan Desa (Musrenbangdes) TA. 2020.

Musyawarah Dusun ini dimulai pukul 20.00 WIB, bertempat dirumah Bapak Tolak Imam Riyanto (BPD Paowan perwakilan dari Dusun Bukkolan), cukup banyak usulan yang disampaikan oleh warga dalam rapat ini sehingga rapat berakhir pukul 23.00 WIB.

Kepala Desa Paowan Saiful Hady S Pd dalam sambutannya mengucapkan banyak – banyak terimakasih kepada warga Dusun Bukkolan yang ikut menghadiri acara musdus ini.

Sambung Kades Saiful, kami menghimbau kepada para pemuda dan pemudi untuk ikut aktif dalam kegiatan musyawarah yang di adakan oleh Desa maupun Dusun.

” Agar para pemuda bisa memahami dan belajar berorganisasi kemasyarakatan karena pemuda pemudi adalah generasi penerus yang suatu saat bisa jadi calon pemimpin Desa, “ucapnya.

Tidak lupa juga dirinya menekankan kepada semua RT untuk mencermati warganya yang membutuhkan bantuan RT, tentang surat menyurat, karena selama ini masih banyak warganya yang datang ke Kantor Desa tanpa membawa surat pengantar dari RT setempat.

” Kami berharap kepada semua warga untuk ikut bersama – sama untuk membangun Desa selagi masih ada kucuran dana dari pemerintah agar digunakan semaksimal mungkin dana tersebut guna untuk kemajuan desa, “pungkasnya.

Masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan ini, ada banyak usulan yang disampaikan, diantaranya dalam bidang pembangunan yaitu perbaikan jalan aspal, pembangunan drainase dan pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU), sedangkan dalam bidang pemberdayaan warga mengusulkan diadakan pelatihan – pelatihan. Daftar usulan tersebut nantinya akan dibahas pada musyawarah tingkat Desa untuk menentukan prioritas rencana kegiatan Desa.

Selain membahas usulan dari masyarakat dalam musdus juga membahas perencanaan pendaftaran calon Kepala Dusun (Kadus) karena Kepala Dusun yang ada sudah habis masa jabatannya. (Reporter Imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan