Ratusan Karyawan PT PMMP Situbondo Mendadak Di Tes usap (swab test).

  • Whatsapp

Situbondo TKTNews.net – Ratusan Karyawan PT PMMP Situbondo Mendadak di Tes usap (swab test). Hal tersebut menindak lanjuti temuan tim tracing yang terindikasi terpapar virus Corona atau Corona Virus Disease 19 (Covid-19) pada 15 orang karyawan pabrik pengepakan udang PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Situbondo yang dipimpin langsung oleh Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH dengan di dampingi oleh Kapolres Situbondo AKBP Sugandi SIK M Hum dan Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Akhmad Juni Toa SE MI Pol langsung melakukan tes usap (swab test) kepada 130 karyawan PT PMMP Situbondo, Senin (27/07/2020).

Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH dalam kegiatan tersebut mengatakan, bahwa sebelumnya pihak PT PMMP menggelar rapid test sendiri dan ditemukan ada 2 (dua) karyawan pabrik pengepakan udang yang berlokasi di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan itu hasilnya reaktif (NR). 

Sambung dia, hasil tes usap (swab test) yang dilakukan oleh Satgas GTPP Kabupaten Situbondo. Hasilnya ditemukan ada 14 karyawan di antaranya merupakan asal Kabupaten Bondowoso dan 1 (satu) karyawan positif terinfeksi virus Corona berasal dari Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo.

” Sesuai keterangan pihak (PT PMMP) yang positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19 asal Situbondo satu orang dan berasal dari Kabupaten Bondowoso sebanyak 14 orang karyawan, “katanya.

Menurut Bupati H Dadang Wigiarto, menindaklanjuti hasil temuan tim tracking adanya belasan karyawan pabrik besar ada yang terpapar virus Corona atau Covid-19, akhirnya pada hari ini tim Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Situbondo, langsung turun melakukan tes usap (swab test) terhadap karyawan pabrik yang kontak erat dengan beberapa karyawan terinfeksi virus Corona atau Covid-19.

” Hari ini kami melakukan tes usap (swab test) terhadap sebanyak 130 orang karyawan yang memiliki kontak erat dan hari ini juga hasilnya akan dikirim ke laboratorium Surabaya, ” ucapnya.

Bupati H Dadang Wigiarto menjelaskan, sampai saat ini tim Satgas penanganan Covid-19 setempat masih melakukan penyelidikan asal penularan virus Corona yang menginfeksi belasan orang karyawan pabrik pengepakan udang tersebut.

” Penularannya masih diselidiki, bisa saja karyawannya itu tertular di lingkungan rumahnya. Makanya kami masih melakukan pelacakan mengenai asal penularannya, ” tuturnya.

Ditambahkan H Dadang Wigiarto, sejauh ini PT Panca Mitra Multi Perdana yang memiliki ribuan karyawan itu, telah menerapkan protokol kesehatan dan dilengkapi dengan tempat cuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan lain sebagainya.

” Kalau di pabrik tersebut selama ini sudah menerapkan protokol kesehatan, semuanya lengkap, ” ujar Bupati H Dadang.

Sementara itu, Manajer HRD pada PT PMMP Situbondo Eko Kridarso mengemukakan bahwa belasan orang karyawannya yang positif Corona telah melakukan karantina mandiri setelah diketahui positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19.

” Hari ini yang dilakukan tes usap (swab test) karyawan yang kontak erat dan mereka masih dalam satu unit, ” ujarnya. (Reporter her)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan