Gedung Pasar Legi Ponorogo Sudah Naik Molo

  • Whatsapp

Ponorogo TKTNews net – Pembangunan gedung baru Pasar Legi Ponorogo dipastikan akan selesai sesuai dengan jadwal,Yaitu pada akhir Desember 2020 mendatang. Diperkirakan, awal 2021, pasar kebanggaan warga Ponorogo ini sudah bisa mulai beroperasi.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Ponorogo Drs H Ipong Muchlissoni usai melaksanakan upacara adat munggah molo atau menaikkan kuda-kuda atap bangunan,pada hari Rabu (5/8/2020) pagi. Dan menyampaikan munggah molo atau pemasangan rooftop ini artinya pekerjaan struktur bangunan sudah hampir selesai atau mencapai 100 persen.

“Kalau struktur saat ini sudah hampir selesai, sesuai jadwal 181 hari. Struktur adalah 40 persenan dari tahapan pembangunan. Maka saya yakin, pada 31 Desember 2020 bisa selesai, sesuai jadwal juga,” kata Bupati Ipong.

Gedung baru Pasar Legi yang saat ini sedang dalam pengerjaan diperkirakan akan selesai pada akhir Desember, sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Dikatakannya, PT Adhi Persada Gedung (APG) sebagai BUMN pelaksana pembangunan sempat mengajukan pengunduran jadwal selama tiga bulan.

Alasannya adalah berbagai hal terkait pandemi covid-19. Namun, pada perjalananannya, berbagai kendala bisa diatasi sehingga bisa dipastikan bangunan bisa selesai sesuai jadwal meskipun belum bisa langsung dioperasikan. APG dinilai bisa bekerja secara optimal dan maksimal.

“Untuk mechanical engineering mungkin tidak bersamaan di akhir tahun. Untuk lift misalnya, karena ada covid, mungkin baru akan jadi (dipesan dari pihak lain) pada Januari (2021) . Begitu pula cool storage (lemari pendingin raksasa), juga baru akan kita anggarkan di Januari 2021. Karena ternyata anggarannya yang bersumber APBD Ponorogo tahun ini harus kepotong penanganan covid-19,” terang Bupati Ipong.

Tahap pembangunan struktur Pasar Legi sudah hampir selesai, setelah itu akan dilaksanakan pekerjaan arsitektur, mechanical dan elcetrical engineering.
Project Manager PT APG Agung Dwi Muliana menegaskan bahwa pekerjaan fisik pembangunan gedung baru Pasar Legi akan selesai pada akhir Desember 2020 ini. Untuk struktur akan selesai paling lambat 20 Agustus mendatang.

“Pekerjaan arsitektur (interior dan eksterior), mechanical dan electrical engineering akan kita kejar di Januari dan Februari,” ungkap Agung sambil memastikan proyek ini sudah sesuai jadwal.

Menurutnya, hampir tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan proyek gedung baru Pasar Legi ini. Bahkan ia merasakan masyarakat mendukung penuh keberadadan proyek. Menurutnya hanya covid-19 yang menjadi hambatan terberat. Pengaruhnya adalah pada pengadaan logistik dan material proyek juga tenaga kerja. (Sut – Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan