Pariwisata Miliki Investasi Besar Angkat Kesejahteraan Masyarakat Sumbawa

  • Whatsapp

Sumbawa TKTNews net – Bupati Sumbawa melalui Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Sumbawa Ir H Iskandar D MEc menyebutkan, sektor pariwisata ke depannya akan mampu membuat Sumbawa memiliki investasi besar dalam mengangkat kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya Kabupaten Sumbawa adalah daerah yang memiliki keindahan alam maupun keindahan bahari dan kearifal loka dan budaya yang sangat banyak.

“Setidaknya ada 34 lokasi obyek wisata yang sudah tercatat saat ini, serta ratusan potensi lainnya yang belum tercatat,” ungkap H Iskandar pada acara pendidikan dan pelatihan Pramuwisata Muda DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) NTB di Grand Hotel Sumbawa, Senin (10/8).

Selain potensi yang dimiliki, peran Pramuwisata juga sangat penting karena akan menentukan keberhasilan kepariwisataan di Kabupaten Sumbawa.

Ia berharap melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas pengelolaan destinasi wisata daerah dan peran aktif masyarakat untuk berinovasi dan berkreasi dalam mengaktualisasikan diri melalui aktivitas kepariwisataan.

“Harapannya, ini mampu mendukung pemerintah Sumbawa dalam meningkatkan kinerja dan membangun seluruh potensi wisata dan kekayaan budaya yang dimiliki,” harapnya.

Di samping itu juga, tambahnya, agar dapat mengaktualisasikan kembali nilai positif yang terkandung dalam Sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, tamah, dan kenangan) dalam masyarakat.

Di akhir sambutannya, Bupati meminta kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan pelatihan dan pendidikan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan potensi pariwisata.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa Rusmin Junaidi SPt MSi, menyampaikan, pelatihan ini untuk mempercepat pertumbuhan pariwisata di Kabupaten Sumbawa melalui peningkatan kapasitas sebagai sektor penggerak dan pendukung pariwisata.

Kegiatan ini bentuk kerjasama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sumbawa dengan DPD HPI yang dilaksanakan selama lima hari dari 10 – 14 Agustus 2020.

Kegiatan tersebut diikuti 30 peserta yang terdiri dari pelaku wisata, tour guide, dan perwakilan Pokdarwis.(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan