SMKN 1-SMAN 1 Probolinggo Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

  • Whatsapp

Probolinggo TKTNews Net – Jumlah sekolah menengah di Kota Probolinggo yang melakukan uji coba pembelajaran tatap muka terus bertambah. Sebelumnya SMKN 2 dan SMAN 2, kemarin (8/9) SMKN 1 dan SMAN 1 menyusul juga melaksanakannya. Diharapkan, semua sekolah terus mempersiapkan diri untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Waka Kurikulum SMKN 1 Probolinggo Anton Hartono mengatakan, uji coba pembelajaran tatap muda di sekolahnya dilakukan bergelombang. Masa uji coba ini akan dilakukan hingga akhir September. Jika setelah dievaluasi dinyatakan baik, akan diteruskan.

Dalam masa uji coba ini, jumlah siswa yang masuk hanya 25 persen dari jumlah total siswa di kelas. “Per hari ini yang masuk hanya siswa kelas X nomor absen 1 sampai 9, besok nomor 10 sampai 18, dan seterusnya dari total jumlah siswa 36 anak,” ujarnya.

Pekan depan atau minggu ketiga, giliran kelas XI yang masuk. Pada minggu keempat giliran kelas XII. Selama masa uji coba, mereka hanya bersekolah selama 4 jam mata pelajaran. Setiap jam mata pelajaran hanya sekitar 22,5 menit atai total 90 menit. “Jadi masuk pukul 07.15, pukul 08.30 sudah pulang. Atau paling lama pukul 09.00 sudah pulang,” jelasnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan SMK/SMA Pemprov Jawa Timur Wilayah Probolinggo Kiswanto mengatakan, saat ini sudah ada empat sekolah di Kota Probolinggo yang melakukan uji coba pembelajaran tatap muka. Yakni, SMKN 2, SMAN 2, SMKN 1, dan SMAN 1. Katanya, keputusan untuK melaksanakan uji coba pembelajaran tetap bergantung pada Gugus Tugas dan kepala daerah masing-masing.

“Di Kabupaten (Probolinggo) masih belum diizinkan. Di Kota Probolinggo, sudah diperbolehkan untuk melakukan uji coba. Tentunya dengan segala hal persiapannya. Mulai dari protokol kesehatan, jarak, masker, serta tempat cuci tangan dan sebagainya,” ujarnya.

Ia berharap sekolah lainnya bisa mempersiapkan diri. Mengingat, lambat laun sekolah akan kembali dibuka atau tetap melakukan pembelajaran tatap muka. “Harapannya sekolah mulai sekarang sudah mempersiapkan diri,” ujar Kiswanto. (Agus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan