Target Retribusi Pasar Di Kab Probolinggo Diturunkan Jadi Segini

  • Whatsapp

Probolinggo TKTNews Net – Pandemi Covid-19 yang melanda berdampak pada target organisasi perangkat daerah. Salah satunya adalah target retribusi pasar. Saat ini Pemkab Probolinggo hanya menargetkan retribusi pasar Rp 1,9 miliar atau turun Rp 1,3 miliar dari target awal.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Taufik Alami mengatakan, saat ini target retribusi pasar diturunkan. Sebab adanya kebijakan yang harus diterapkan pada pasar berpengaruh pada pendapatan pedagang. Sehingga juga berdampak pada retribusi.

“Target awal retribusi pasar awalnya Rp 3,2 miliar. Dengan beberapa pertimbangan kemudian diturunkan jadi Rp 1,9 miliar,” ujarnya.

Penurunan target ini telah ditetapkan pada bulan April lalu sejak dinyatakan darurat Covid-19. Bersamaan dengan itu, kemudian dikeluarkan kebijakan pembatasan jam operasional pasar dan pembebasan retribusi pasar pada pedagang.

“Evaluasi masih mungkin dilakukan, melihat perkembangan kondisi pasar nanti seperti apa. Perlu ada penyesuaian setelah 5 bulan pedagang dibebaskan dari beban retribusi,” katanya.

Normalisasi jam operasional pasar yang baru dilakukan membuat pasar mendapat perhatian serius. Sebab penerapan protokol kesehatan yang telah dianjurkan harus ditaati. Pengawasan ketat kembali dilakukan pasca membeludaknya pasien yang dinyatakan positif beberapa hari lalu. Sehingga upaya represif perlu dilakukan agar penyebaran virus korona dapat ditekan serendah mungkin. (Agus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan