Pesimistis Target Wisata Di Kab Probolinggo Bisa Tercapai

  • Whatsapp

Probolinggo Dringgu TKTNews Net – Sejak dibukanya kembali wisata di Kabupaten Probolinggo, jumlah pengunjung belum menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan. Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata masih sangat minim. Hingga saat ini capaian masih mencapai 40 persen dari target yang telah ditetapkan.

Pada awal tahun Pemkab Probolinggo menargetkan PAD kepada Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) sebesar Rp 3,5 miliar. Namun sejak pandemi covid-19 melanda, Maret lalu keluar kebijakan untuk menutup destinasi wisata.

“Maret wisata ditutup, tentunya tidak ada lagi pemasukan di sektor wisata. Sehingga diusulkan agar target diturunkan,” ujar Kepala Disporaparbud, Sugeng Wiyanto.

Setelah melalui beberapa pertimbangan, kemudian pada bulan April diturunkan menjadi Rp 1,7 miliar. Kendati terjadi, penurunan Disporaparbud masih belum ada pemasukan di sektor wisata. Sebab, wisata masih belum dibuka. Hingga pada minggu kedua bulan Agustus wisata lokal resmi dibuka kembali untuk umum dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Sejak diturunkan, target capaian masih 40 persen. Itupun diperoleh sebelum adanya pandemi. Sampai dengan saat ini masih belum bisa dihitung, sebab masih baru dibuka pengunjung belum stabil,” ucapnya.

Disinggung terkait dengan sisa target, pihaknya belum bisa memastikan bisa tercapai atau tidak. Sebab hingga saat ini kunjungan wisata disejumlah wisata tidak menunjukkan lonjakan. Akhirnya berimbas pada retribusi wisata, sehingga tidak dapat memaksakan capaian target kepada pengelola wisata sesuai yang telah ditetapkan.

“Wisata yang telah dibuka harus ada penyesuaian. Ada pengunjung datang tapi tidak seramai kondisi normal. Saat ini yang terpenting adalah upaya mengembalikan geliat ekonomi di sektor wisata. Tentu hal itu membutuhkan proses,” tutur Sugeng. (Agus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan