PKB Kab Probolinggo Akhirnya Laporkan Balik LSM

  • Whatsapp

PROBOLINGGO
PAJARAKAN, TKTNews Net – Ancaman DPC PKB Kabupaten Probolinggo untuk melaporkan balik gabungan LSM benar-benar dilakukan. Jumat (11/9), pengurus DPC PKB melaporkan dugaan pencemaran nama baik ke Polres Probolinggo.

Laporan dilakukan karena PKB merasa difitnah. Gabungan LSM itu telah melaporkan PKB ke Kejari Kabupaten Probolinggo atas dugaan penggelapan Bantuan Partai Politik (Banparpol).

Bersama kuasa hukum, pengurus DPC PKB mendatangi Mapolres sekitar pukul 09.00. Mereka langsung diarahkan ke ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) setempat. Di dalam ruangan tersebut, rombongan diterima oleh petugas. Sekitar 15 menit kemudian, rombongan yang dipimpin juru bicara Mustofa, keluar dari ruangan itu.

Mustofa saat ditemui awak media usai laporan menjelaskan, laporan ini ditempuh sebagai langkah hukum. Sebab, DPC PKB dirugikan atas laporan yang tidak berdasar yang dilakukan oleh oknum yang mengatasnamakan gabungan LSM.

“Laporan ini kami lakukan karena kami merasa dirugikan. Baik pribadi maupun institusi. Kami melihat dalam kasus ini ada dugaan tindak pidana memfitnah atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 311 atau Pasal 310 KUHP,” katanya.

Menurutnya, dalam laporan itu ada empat nama yang dilaporkan. Di antaranya berinisial T, S, R, dan M. Selain dilaporkan karena pencemaran nama baik, mereka juga dilaporkan karena pemberitaan sepihak. Tanpa konfirmasi kepada DPC PKB, mereka terkesan mem-framing negatif institusi partai.

“Kami juga melaporkan pelanggaran UU ITE pasal 27 ayat (3) jo pasal 45 ayat (3) UU 19/2016. Mereka melapor dan membuat beritanya. Dan isi dalam beritanya itu tidak mencerminkan asas keberimbangan suatu berita. Mereka seakan mem-framing negatif,” terangnya.

Ditegaskan Mustofa, DPC PKB telah mendapatkan izin dari DPW dan DPP PKB. Sebab, laporan dari gabungan LSM itu dinilai telah mencoreng nama partai.

“Ini, telah mencoreng nama partai. Yang sebenarnya tidak kami lakukan malah dibelokkan seperti ini. Karena itu laporan ini kami tembuskan kepada Mabes Polri, DPP PKB, Kapolda Jatim, DPW PKB Jatim,” terangnya.

Sementara itu, R saat dikonfirmasi terkait pelaporan dirinya menegaskan, hal itu manusiawi. Menurutnya, setiap pihak memiliki hak melapor. Begitu juga dengan PKB yang melaporkan dirinya kepada pihak kepolisian.

“Manusiawi itu. Ada ungkapan marah boleh yang penting jangan amarah,” katanya.

Meski demikian, R tetap dalam pendiriannya. Ia tidak akan mencabut laporan dugaan penggelapan Banparpol oleh DPC PKB Kabupaten Probolinggo.

“Saya tidak bisa intervensi penegak hukum. Laporan yang masuk itu biarkan dipelajari oleh Kejari dulu,” terangnya. (Agus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan