Diperiksa Inspektorat, Kepala UPT Pasar Probolinggo Dinonaktifkan

  • Whatsapp

Probolinggo
TKTNews Net – Penonaktifan pejabat di lingkungan Pemkot Probolinggo kembali terjadi. Terbaru, Kepala UPT Pasar, Arif Billah dinonaktifkan sementara dari jabatannya sejak Jumat (25/9/2020

Alasan dinonaktifan Arif, sama dengan alasan penonaktifan Kepala DPMPTSPTK Dwi Hermanto, beberapa waktu lalu. Bahwa saat ini, Arif sedang diperiksa oleh Inspektorat. Agar fokus menjalani pemeriksaan, Arif pun dinonaktifkan sementara dari jabatannya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Probolinggo, Gogol Sudjarwo membenarkan bahwa Arif sedang diperiksa. Untuk kepentingan itu, dia pun dinonaktifkan sementara dari jabatannya.

Menurutnya, Arif dinonaktifkan selama sebulan hari kerja. Yaitu, selama 25-28 hari, sesuai dengan hari kerja aktif lembaga pemerintahan.

“Pihak Inspektorat merekomendasikan saya supaya memberhentikan sementara yang bersangkutan (Kepala UPT Pasar Arif Billah, red) untuk menjalani pemeriksaan,” katanya, Selasa (29/9) siang.

Namun, apa materi pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat, Gogol mengaku tidak mengetahuinya. Menurutnya, hal tersebut menjadi kewenangan Inspektorat.

“Materinya tentang apa, saya tidak tahu. Mungkin bisa langsung ke Inspektorat,” tambah Gogol.

Yang jelas menurutnya, surat penonaktifan pada Arif dibuat tertanggal 25 September 2020, hari Jumat. “Suratnya dibuat hari Jumat. Selanjutnya yang menyerahkanya itu kepala OPD-nya. Mungkin diserahkan Senin (28/9). Soalnya Sabtu dan Minggu kan libur,” terangnya.

Kepala DKUPP Kota Probolinggo Fitriawati Jufri membenarkan penonaktifan pada stafnya, Arif Billah. Namun, Fitri panggilannya juga mengaku tidak tahu apa alasan pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat pada Arif.

Fitri juga menegaskan, pihaknya tidak tahu apakah ada pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh Arif atau tidak. Mengingat, saat ini proses pemeriksaan masih akan berlangsung.

“Kami belum tahu masalahnya apa. Jadi ini masih proses pemeriksaan oleh Inspektorat. Yang bersangkutan dibebastugaskan agar fokus pada pemeriksaannya,” terang Fitri.

Terpisah Arif Billah saat dikonfirmasi membenarkan bahwa dirinya dinonaktifkan sementara sebagai kepala UPT Pasar. Namun, mantan wartawan itu enggan berkomentar banyak.

“Saya belum bisa berkomentar dulu. Khawatir malah keliru. Jadi langsung saja ke BKD atau Inspektorat,” singkatnya.

TKT news net pun mengonfirmasi Kepala Inspektorat Tartib Gunawan. Namun, hingga kemarin (29/9) pukul 17.00, Tartib belum bisa dihubungi. Yang bersangkutan sedang perjalanan dinas (perdin) keluar daerah. (Agus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan