Pemkab Probolinggo “Krisis” Pegawai, Hanya Punya 7 Ribu

  • Whatsapp

Probolinggo TKTNews Net – Sejumlah pegawai di lingkungan Pemkab Probolinggo saat mengikuti apel pagi dengan memakai masker dan jaga jarak. Saat ini jumlah pegawai pemkab hanya berkisar 7 ribuan.

Kondisi kepegawaian di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, terjadi krisis PNS (pegawai negeri sipil). Betapa tidak, jumlah kebutuhan PNS sesuai keorganisasian perangkat daerah di Kabupaten Probolinggo sekitar 10.894 PNS. Sedangkan, jumlah PNS saat ini hanya berkisar 7.423 PNS.

Tak ayal Bupati Probolinggo P Tantriana Sari sampai mengeluarkan surat edaran (SE), yang isinya melarang PNS untuk nyalon di pilkades. Krisis pegawai menjadi alasan mendasar pemkab orang nomor satu di Kabupaten Probolinggo tersebut mengeluarkan SE bernomor 141/25/426.114/2021, tentang pelaksanaan pilkades serentak 2021

Kondisi “krisis” PNS tersebut juga ditegaskan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo, Doddy Baskoro. Saat dikonfirmasi kemarin (4/2), Doddy membenarkan, kondisi kepegawaian di Kabuapten Probolinggo kini mengalami kekurangan jumlah PNS. Mengingat, adanya kebijakan dari pemerintah pusat, sekitar 5 tahun lamanya tidak ada rekrutmen calon pgawai negeri sipil (CPNS).

”Bisa dibayangkan, selama lima tahun tidak ada rekrutmen CPNS. Sedangkan tiap tahunnya, di Kabupaten Probolinggo, ada PNS yang pensiun ataupun meninggal. Yang pensiun saja berkisar 500 sampai 600 PNS,” katanya .

Doddy mengungkapkan, sesuai analisa jabatan dan analisa beban kerja di Kabupaten Probolinggo dari bagian organisasinya, untuk kondisi saat ini Kabupaten Probolinggo dibutuhkan sekitar 10.894 PNS. Sedangkan jumlah PNS di Pemkab Probolinggo terkini itu berkisar 7.423 PNS. Bisa dihitung, kekurangan PNS yang dibutuhkan Pemkab Probolinggo berkisar 3.400 PNS lebih.

”Tidak sembarang menentukan kebutuhan 10.894 PNS di Kabupaten Probolinggo itu. Semua itu berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja,” terangnya.

Kondisi itu dikatakan Doddy, belum dikurangi jumlah PNS yang bakal pensiun di tahun ini. Diperkirakan ada sekitar 500 PNS yang bakal pensiun di tahun ini. Sedangkan rekrutmen CPNS yang sudah berjalan baru mulai tahun 2019 lalu, berkisar 380 PNS.

”Tentu, jumlah rekrutmen CPNS tersebut dibawah jumlah PNS yang pensiun tiap tahunnya,” ungkapnya. (Agus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan