Sistem One Gate Desa-Desa Di Kabupaten Madiun

  • Whatsapp

Madiun TKTNews Net – Pemerintah Kabupaten Madiun Menerapkan Sistem One Gate Atau Satu Pintu Bagi Akses Keluar Masuk Warga di kampung – kampung.

Dengan cara ini diharapkan bisa menekan angka kenaikan kasus positif covid-19 di wilayah tersebut.

Di sejumlah desa wilayah Kabupaten Madiun akses jalan masuk ke kampung ditutup. warga pun menggunakan benda untuk menutup akses jalan kampung, seperti bambu, besi, kursi panjang, dan lainnya. Sedangkan di beberapa jalan kampung dijaga oleh beberapa warga, indikasinya saat ada warga masuk akan diperiksa suhu badannya dan di semprot disentifiksan.

Seperti di wilayah desa Dimong kec./kab Madiun, Sabtu(6/2/2021), juga melakukan kebijakan sistem One Gate atau Sistem satu pintu, akses desa dipusatkan di satu jalan saja. Sedangkan akses desa yang lain ditutup. Sehingga aktifitas keluar masuk warga bisa terkontrol.

Sujarwo S.H kepala desa Dimong mengatakan” dengan sistem One gate ini, diharapkan bisa lebih menekan angka penularan virus Covid-19 di desanya, karena saat ini lagi tren penularan ada di tingkat keluarga atau klaster keluarga”.

“Selain itu, Posko Covid-19 akan lebih ditingkatkan lagi penjagaannya supaya bisa berjalan lebih optimal”. Imbuhnya

Sejalan dengan perkataan Bupati Madiun, Sujarwo menjelaskan bahwa One Gate Sistem tidak dimaksudkan untuk membatasi Kegiatan, Apalagi kegiatan yang berkaitan dengan Ekonomi.

“Warga boleh beraktivitas seperti biasanya, Hanya saja harus benar-benar mematuhi aturan prosedur Protokol Kesehatan ketika melewati pos penjagaan Desa Dimong”.

Alasan diterapkan – nya One Gate Sistem karna pada Evaluasi PPKM tahap pertama, angka positif covid-19 tidak terkendali. Selain itu juga angka kematian akibat Covid-19 yang terus meningkat.

Penerapan One Gate melibatkan perangkat Desa Dimong, yakni seperti RT, RW, Kepala Desa, Tokoh Agama, Dan Tokoh Masyarakat. Dengan demikian akan terdata orang yang keluar masuk ke Desa Dimong .

” Sehingga pada PPKM ke dua ini agar bisa terkendali, Dan Desa Dimong bisa menjadi Zona Hijau Penyebaran Virus Covid-19″. Pungkasnya.( Antony)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan