Mortir Diperkirakan Masih Aktif 70% Ditemukan warga Pangklungan Dan Dibawa Pulang

  • Whatsapp

Jombang TKTNews.Net – Telah ditemukan sebuah mortir diperkirakan barang tersebut adalah peninggalan pada jaman Penjajahan Belanda yang masih banyak tertimbun di wilayah hukum Polsek Wonosalam

Mortir ditemukan seorang warga sebut saja Tugiat (34 tahun)di lereng Goa Si Golo – golo yang berada di Dusun. Sranten, Desa. Panglungan,Kecamatan. Wonosalam, Kabupaten Jombang pada waktu mencari rumput untuk makanan kambing.pukul 12.30 wib Minggu (21/02/21).

Pada saat itu Sdr Tugiat sedang mencari rumput untuk makanan kambing, yg bersangkutan melihat tanah longsor dan disitu terdapat sebuah, Mortir posisi menghadap ke utara dengan ukuran panjang kurang lebih 34 cm, dengan lingkar 9 cm, oleh Sdr Tugiat tanpa berfikir panjang langsung dibawa pulang ke rumah.

Penemuan barang yang diduga Mortir oleh warga diberitahukan ke Sekdes Sdri Sutiya (35 tahun) karena rumah berdekatan dengan alamat Dusun Sranten,RT/RW 002/002, Desa Panglungan kemudian seketika dilaporkan ke pihak Polsek Wonosalam.

Setelah menerima laporan, Kanit Sabhara Polsek Wonosalam IPDA Suraji, Kanit Intel Aipda M. Ichsan, anggota SPKT Bripka Budiono dan Brigpol Edy Sutomo, mendatangi rumah Sdr Tugiat sekaligus mendatangi TKP Penemuan Mortir.

Menurut Kapolsek Wonosalam Iptu Khamdani ,” Mortir tsb perkiraan peninggalan Penjajahan Belanda yang masih banyak tertimbun di wilayah hukum Polsek Wonosalam,
Dengan kondisi Mortir 70 % masih aktif.
agar masyarakat yang menemukan segera melaporkan ke Polsek Wonosalam dan Kapolsek Wonosalam telah berkoordinasi dengan Team Jibom Polda Jatim.,” Jelasnya. (Jit)

  • Pelapor :

Sdri. SUTIYA, Umur 35 Thn, Pekerjaan Sekdes Panglungan, Alamat : Dsn. Sranten, RT/RW 002/002, Ds. Panglungan, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang.

A. Adapun identitas Saksi/Penemu sbb :!

1.Nama : TUGIAT

  1. TTL : Jombang, 19 Mei 1987
    3.Umur : 34 tahun
  2. Pek : Petani/Perkebunan
  3. Jenis Kelamin : laki – laki
  4. Alamat : Dsn. Sranten, RT/RW 002/002, Ds. Panglungan, Kec. Wonosalam, Kab Jombang.

Pada hari Minggu tgl 21 Pebruari 2021 sekira Pkl 12.30 wib, Sdr. TUGIAT sedang mencari rumput untuk makanan kambing, yg bersangkutan melihat tanah longsor dan disitu terdapat sebuah Mortir dengan menghadap ke Utara dengan panjang kurang lebih 34 cm, dengan lingkar 9 cm.saat Pkl 12.40 wib Sdr Tugiat tanpa berfikir panjang langsung membawa Mortir pulang ke rumah.

C. Langkah2 :

Sekira pkl 13.20 wib Kanit Sabhara Polsek Wonosalam IPDA Suraji, Kanit Intel Aipda M. Ichsan, Anggota SPKT Bripka Budiono dan Brigpol Edy Sutomo mendatangi rumah Sdr. TUGIAT dan mendatangi TKP Penemuan Mortir.
Situasi berjalan aman terkendali.

Pendapat pelapor :

Menurut Kapolsek Wonosalam Iptu Khamdani,”Mortir tsb perkiraan peninggalan Penjajahan Belanda yang masih banyak tertimbun di wilayah hukum Polsek Wonosalam,
Dengan kondisi Mortir 70 % masih aktif.
agar masyarakat yg menemukan segera melaporkan ke Polsek Wonosalam dan Kapolsek Wonosalam telah berkoordinasi dengan Team Jibom Polda Jatim.,” Jelasnya. (Jit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan