Secara Virtual Kapolri Launching Aplikasi Sinar Untuk SIM Online

  • Whatsapp

Jombang TKTNews.net-Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memimpin peluncuran aplikasi SIM Nasional Presisi Korlantas Polri (Sinar) untuk perpanjangan SIM secara daring, Ini adalah wujud janji di depan komisi III DPR terkait transformasi pelayanan,” kata Kapolri Listyo di Jakarta.

Tampak hadir di kantor Satlantas Polres Jombang saat mengikuti launching SINAR secara daring ini Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjen Suharyanto, Dirlantas Polda Jatim Kombespol Latif Usman, Bupati Jombang, Hj. Mundjidah, Kapolres AKBP Agung Setyo Nugroho dan Dandim 0814 Letkol Inf Triyono.pada Selasa sore (12/04/2021).

Adapun masyarakat yang hendak menggunakan layanan ini cukup dengan mengunduh platform digital Korlantas di Playstore Andorid maupun App Store.

“Setelah mengunduh, masyarakat hanya perlu melakukan verifikasi identitas dengan memasukan nomor handphone dan alamat email,” papar Sigit

Setelah mendapatkan kode OTP, masyakatat juga harus memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) beserta nama lengkap sesuai KTP. Pengguna juga akan di otentifikasi melalui teknologi pembacaan biometrik wajah atau Liveness Face Recognition.

Untuk melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C, buka aplikasi digital Korlantas Polri lalu pilih icon Sinar atau SIM. Pemohon akan diarahkan untuk memilih SIM apa yang akan diperpanjang, kemudian, pemohon harus mengunduh file seperti foto KTP, foto SIM, foto tanda tangan dan pas foto.

Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan psikologi dan ujian teori SIM, pemohon juga hanya perlu melakukannya lewat online. Pemohon cukup memilih link E-Rikkes pada layanan SINAR. Sedangkan tes psikologi, pemohon cukup memilih link E-PPSI pada layanan SINAR.

Dalam tes kesehatan dan psikologi ini, pemohon harus menjawab pertanyaan-pertanyaan agar bisa memenuhi syarat, seluruh soal-soal ini sudah terakreditasi oleh SSDM Polri.

Selanjutnya ujian teori SIM, Korlantas Pori menggunakan sistem tiga dimensi, dimana pemohon akan dibuat layaknya keadaan sebenarnya sedang uji teori SIM.

Layanan pembayaran pembuatan dan perpanjangan SIM A dan SIM C ini menggunakan sistem Cashless. Proses pengambilan SIM Digital ini juga menggunakan layanan antar menggunakan PT POS Indonesia.

Usai launching, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta kepada awak media menjelaskan, aplikasi SIM online merupakan jawaban untuk meningkatkan pelayanan ditengah situasi pandemi. Masyarakat bisa mengurus perpanjangan SIM dari manapun dan kapanpun. Setelah jadi, SIM-nya bisa diambil di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) terdekat. Atau diambilkan oleh orang yang diberi kuasa. Atau diantar melalui pos. ’’Dengan adanya aplikasi SIM online, kerumunan saat mengurus SIM bisa dihindari,’’ Jelas Kapolda.

Sementara itu, Bupati Jombang Hj Munjidah Wahab menuturkan, ’’Saya mengapresiasi positif peluncuran apilkasi untuk mengurus SIM secara online, dan siap mensosialisasikan pada masyarakat luas, Inovasi pelayanan ini berbasis teknologi yang memudahkan masyarakat dimanapun dan kapanpun tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi ditengah pandemi ini, ’’ Pungkas Bupati.(Jit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan