Kades Catakgayam Melarang Warganya Ikut Kerja Program P3TGAI

  • Whatsapp

Jombang TKTNews.Net- Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) seharusnya di Desa bisa mengurangi pengangguran juga meningkatkan kualitas irigasi pedesaan selama pandemi COVID-19.

Berbeda dengan yang terjadi pada Desa Catakgayam Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang, justru yang diuntungkan dari sisi pekerjaan atau penghasilan justru orang dari luar daerah atau luar desa meskipun didesa tersebut banyak pengangguran.

Menurut Kepala Desa Catakgayam Sugeng saat dikonfirmasi mengatakan,” Terkait pembangunan yang sumber dananya dari APBN (Anggaran Pendapatan belanja Negara) ini silahkan langsung berhubungan dan berkomunikasi dengan Ketua Poktan saja, kami tidak tahu menahu, ” Ungkap Sugeng pada wartawan TKTNews.net. Kamis.(24/06/21)

Ditempat terpisah dalam hari yang sama Ketua Poktan H, Biono saat ditemui dirumahnya menyampaikan, ” Untuk tempat pembangunannya saya tahu, tapi untuk pengelolaan dan tehnis pelaksanaan semua diatur oleh Kepala Desa, kelihatannya sekarang belum selesai, katanya tinggal finising, ” Jelasnya.

Sedangkan menurut dua orang warga Catakgayam inisial Ul dan Arr yang masih kerabat dari orang DPR. RI menyampaikan,” Warga Catakgayam hanyalah jadi penonton karena di kerjakan oleh kontraktor dalam pembangunan irigasi tersebut, pekerja dari luar desa semua, ada satu orang dari sini itupun proses saat minta untuk bisa bekerja seperti orang mengemis,”Luapan dua warga catakgayam, .

Perlu diketahui pada semua bahwa P3TGAI merupakan pekerjaan peningkatan saluran irigasi tersier, dari saluran alam/tanah menjadi saluran dengan pasangan batu/lining yang dikerjakan oleh petani atau penduduk setempat.Petani pekerja diberikan upah harian atau mingguan, sehingga menambah penghasilan petani atau penduduk desa terutama di antara musim tanam dan panen.(Jit).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan